Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Beroperasi 7 Juni 2018

Mustholih    •    Selasa, 29 May 2018 20:33 WIB
infrastrukturbandara
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Beroperasi 7 Juni 2018
Kondisi terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Medcom.id/Mustholih

Semarang: Terminal baru Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang dioperasikan 7 Juni 2018 untuk menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 2018.

"5 Juni kita akan boyong dari terminal lama ke terminal baru dan 6 Juni, kita operasikan penerbangan perdana," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura, Faik Fahmi di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 29 Mei 2018.

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani didesain untuk bisa menampung tujuh juta penumpang per tahun. Setiap hari, bandara bertaraf internasional ini bisa menampung 19 ribu penumpang.

"Kalau dalam kondisi padat seperti arus mudik lebaran masih bisa menampung penumpang," ujar Faik menegaskan.

Berkaca pada arus mudik Lebaran 2017, terminal lama Bandara Ahmad Yani hanya menampu menampung 16.700 penumpang per hari. Faik memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Ahmad Yani pada lebaran tahun ini meningkat 8 persen menjadi 18 ribu orang per hari.

"Jadi kapasitas terminal baru masih di atas jumlah penumpang tertinggi per hari," tegas Faik.

Jumlah penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani pada tahun lalu berjumlah 4,4 juta orang. Padahal, kapasitas Terminal Lama Bandara Ahmad Yani setiap tahun hanya mampu menampung 800 ribu penumpang.

"Jadi tidak memenuhi standar. Dalam kondisi seperri lebaran selalu timbul persoalan yang sangat krusial," terang Faik.

Pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani diklaim sudah rampung 95 persen. Pimpinan proyek, Tony Alam, menyebut pekerjaan sedang fokus di ruang parkir bandara.

"Total bisa tampung 2.000 kendaraan. Kalau lebaran ini menampung, (bisa) 600 kendaraan. Ini lebih tinggi dari terminal lama hanya 500 kendaraan," ungkap Tony.

Seluruh pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani selesai di pertengahan 2019.
 


(SUR)