Pesona Karimunjawa Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Jepara

Rhobi Shani    •    Rabu, 26 Apr 2017 16:14 WIB
pariwisata
Pesona Karimunjawa Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Jepara
Bukit Karimunjawa, Jawa Tengah -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Pesona Kepulauan Karimunjawa mampu mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. pada 2013, jumlah kunjungan wisatawan asing tercatat 14.417. Jumlah tersebut meningkat drastis pada 2016, yaitu 21.288 wisawatan asing.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Sholih menyampaikan, meningkatnya kunjungan wisatawan asing banyak disumbang dari sektor pariwisata Karimunjawa. Pemerintah provinsi Jawa Tengah telah menetapkan empat destinasi wisata andalan Jateng, salah satunya Karimunjawa.

"Selain itu, juga ditunjang dengan wisata pantai yang ada di daratan Jepara yang panjangnya mencapai 82 kilometer. Dari panjang itu, 75 persen berpasir putih dan landai," terang Sholih, Rabu, 26 April 2017.

Menyadari potensi alam yang dimiliki, Sholih melanjutkan, tahun ini Pemkab Jepara fokus pada pengembangan infrastruktur dan pariwisata berupa peningkatan jalan provinsi menjadi jalan nasional, peningkatan sarana dan prasarana di obyek wisata, dan peningkatan promosi di berbagai media. Peningkatan kapasitas SDM pariwisata juga tak ketinggalan.

"Termasuk penguatan kerjasama dengan stakeholders pariwisata dan pemberdayaan masyarakat," papar Sholih.

DPP Asosiasi Pelaku Usaha Pariwisata Indonesia (ASPPI) Dhimas Herlambang menyampaikan, potensi destinasi pariwisata dan potensi yang ada di Kabupaten Jepara perlu dipromosikan. Tak hanya di Jepara, banyak daerah di Jawa Tengah belum maksimal dalam mempromosikan pariwisata.

"Konsep promosi bisa open meeting. Diharapkan akan semakin memudahkan buyer atau seller mendapatkan informasi dan mengkap peluang bisnis yang ada," ujar Herlambang.


(NIN)