Tinggal 3 Bulan, Proyek Pasar Klewer Baru 50 Persen

Pythag Kurniati    •    Rabu, 05 Oct 2016 12:17 WIB
pasar klewer bangkit
Tinggal 3 Bulan, Proyek Pasar Klewer Baru 50 Persen
Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (kiri depan) melihat kondisi di Pasar Klewer, Solo, Jateng, (31/12/2014). (Media Indonesia/Widjajadi)

Metrotvnews.com, Solo: Proyek pembangunan Pasar Klewer, Solo, baru rampung 50 persen. Padahal, tiga bulan lagi sudah tutup tahun.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo khawatir proyek senilai Rp97 miliar itu molor. Proyek itu ditargetkan rampung akhir 2016. Sedangkan awal 2017, pedagang sudah bisa menempati bangunan di pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah itu.

"Progres pembangunannya baru 50 persen dengan sisa waktu dan kondisi cuaca saat ini. Pastinya ada kekhawatiran proyek ini molor dan berimbas pada yang lain," kata pemilik sapaan Rudy, di Solo, Rabu (5/10/2016).

Baca: Pemkot Solo Ajukan Rp47 Miliar untuk Pasar Klewer Timur

Dengan kondisi saat ini, proyek pembangunan harus dikebut. Ini untuk mengantisipasi muncul masalah baru jika proyek molor.

"Awal tahun depan pedagang sudah boyongan dari pasar darurat ke pasar permanen. Kami juga tengah mempersiapkan pembangunan pasar sisi timur," kata Rudy.

Dia memastikan pengelola proyek bakal terkena penalti bila proyek molor. "Dan pemkot akan me-blacklist," tegas Rudy. Dia mengaku sudah menyampaikan itu pada pengelola.

Ia mengatakan jumlah pedagang tetap sama sesuai rencana. Sebanyak 1.532 unit ditambah kios pedagang renteng 137 unit, dan 28 kios pedagang Pasar Klewer timur.

Baca: Sisa Anggaran Proyek Pasar Klewer Dipakai Beli Lift

Lalu, dibangun 765 los untuk menampung pedagang pelataran, 55 los untuk pedagang kaki lima (PKL) Jalan Ashari, dan 20 los bagi PKL kemasan (pedagang jual beli dan reparasi emas). Ada 18 variasi luasan kios di Pasar Klewer, terkecil tiga meter persegi dan terbesar 36 meter persegi.

Sejak Pasar Klewer terbakar pada 27 Desember 2014, para pedagang dibuatkan pasar sementara di Alun-alun Utara Keraton Solo.

 


(SAN)