Belanda Jajaki Kerja Sama Pembuatan Dam Lepas Pantai Jateng

   •    Selasa, 22 Nov 2016 16:17 WIB
hubungan bilateral
Belanda Jajaki Kerja Sama Pembuatan Dam Lepas Pantai Jateng
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kiri) berbincang dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan). (Ant/Rekotomo)

Metrotvnews.com, Semarang: Perdana Menteri Belanda Mark Rutte berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah. Salah satu agenda kunjungan itu adalah untuk menjajaki kerja sama pembangunan bendungan lepas pantai.

Hal tersebut disampaikan Rutte usai melakukan pertemuan tertutup sekitar 1,5 jam dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono; Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi; Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi; dan sejumlah Forkopimda Jateng di Wisma Perdamaian, Selasa 22 November.

"Pertemuan membicarakan banyak hal, di antaranya tentang perlindungan pantai dan menjajaki kemungkinan membuat dam lepas pantai," kata Rutte, dikutip Antara.

Pada pertemuan tersebut juga dibicarakan penanganan rob, dan membuat sejumlah kesepakatan bersama. "Salah satu kesepakatannya terkait pengelolaan kawasan kota lama di Kota Semarang," ujarnya.

Ganjar Pranowo menambahkan, pada pertemuan itu telah dilakukan berbagai kesepakatan bersama seperti penanganan rob, penataan kawasan kota lama, serta kerja sama investasi dan kebudayaan.

"Kami berharap ada investasi pola P to P (parlement to parlement), G to G (government to government), B to B (bussiness to business), termasuk budaya juga," katanya.

Selain itu, kata Ganjar, pihaknya juga menawarkan kerja sama mengenai water management, juga transfer energi dan teknologi yang dimiliki Belanda, serta kerja sama perdagangan.


(SAN)