2,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Jepara

Rhobi Shani    •    Selasa, 18 Dec 2018 14:28 WIB
pariwisata
2,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Jepara
Kereta wisata di depan akuarium raksasa berbentuk kura-kura di Pantai Kartini Jepara, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Tercatat 2,5 juta wisatawan berkunjung ke Kabupaten Jepara mulai Januari hingga November 2018. Pelancong tak hanya mengunjungi objek wisata yang dikelola pemerintah kabupaten atau swasta, tapi juga tempat wisata yang dikembangkan pemerintah desa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Basuki Wijayanto mengatakan 2,2 juta wisatawan mengunjungi objek wisata yang dikelola pemerintah daerah seperti Pantai Kartini, Pantai Tirta Samudra, Patai Benteng Portugis, dan Museum Kartini.

"Dari objek wisata yang dikelola swasta belum sesuai dari keinginan, yang berkunjung jumlahnya masih sedikit," ujar Basuki ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa, 18 Desember 2018.

Sekitar 2,4 juta wisatawan menyambangi Bumi Kartini pada 2017. Target Jepara pada 2018 ini ialah menggaet 2,6 juta wisatawan. 

“Hingga akhir tahun, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jepara bisa lebih dari 2,6 juta. Pada musim libur akhir tahun ini biasanya terjadi lonjakan pengunjung tiga kali lipat,” kata Basuki.

Basuki memprediksi kunjungan wisatawan di empat objek wisata yang dikelola Pemkab Jepara bakal terjadi pada pekan terakhir Desember. Mulai akhir pekan ini hingga pergantian tahun.

"Kalau saat ini jumlah pengunjung masih normal,” ungkap Basuki.

Tingkat kunjungan wisatawan di Jepara dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya infrastruktur jalan. Saat ini kondisi jalan menju objek wisata di Kabupaten Jepara sudah bagus. Namun, sejumlah titik di ruas jalan menuju Jepara masih belum lancar seperti di kawasan Kaligawe Semarang yang kerab macet dan banjir.

"Kita tahu di sana banjir rob, dan menyebabkan macet. Sehingga banyak wisatawan luar kota akan berpikir dua kali untuk datang ke Jepara," pungkas Basuki.


(SUR)