Harga Bawang Merah di Purwokerto Terus Melonjak

   •    Selasa, 15 Nov 2016 10:11 WIB
harga bawang merah
Harga Bawang Merah di Purwokerto Terus Melonjak
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Purwokerto: Harga bawang merah di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 15 November, naik Rp10 ribu dibanding  akhir pekan lalu. Satu kilogram bawang merah dibanderol Rp60 ribu.

Pedagang mengaku kenaikan harga akibat minim pasokan dari pendagang besar maupun pengepul. Ditambah lagi, tingginya curah hujan di daerah penghasil bawang merah.

"Kenaikan harga bawang merah sejak kemarin," kata salah seorang pedagang, Yati di Pasar Manis, Purwokerto, dikutip Antara.

Ia mengatakan, harga bawang terus melonjak sejak awal Oktober hingga akhirnya mencapai Rp50.000/kg pada minggu pertama November. 

Dalam kondisi normal, kata dia, harga bawang merah berkisar Rp30.000-Rp35.000/kg. "Kemungkinan harga bawang merah masih akan melonjak karena sekarang sedang berlangsung musim hujan," katanya.

Sementara di Pasar Wage, Purwokerto, harga bawang merah dalam empat hari terakhir masih bertahan di kisaran Rp50.000/kg atau naik sebesar Rp2.000 dari sebelumnya Rp48.000/kg.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Banyumas Yunianto mengatakan, bawang merah di daerahnya berasal dari luar daerah. Makanya, ketika pasokan langka, harga akan naik.


(SAN)