2017 Pemkot Solo Kembangkan e-Parkir di 5 Lokasi

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 15 Oct 2016 10:26 WIB
parkir elektronik
2017 Pemkot Solo Kembangkan e-Parkir di 5 Lokasi
Juru parkir dilatih menggunakan alat parkir meter elektronik. Foto: Metrotvnews.com/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Setelah sukses menerapkan sistem parkir elektronik (e-parkir) di kawasan Coyudan, Pemerintah Kota Solo berencana mengembangkan e-parkir di lima lokasi pada 2017. 

Lokasi yang dibidik antara lain di pelataran Pasar Legi, Pasar Gede, Pasar Klithikan Notoharjo, taman parkir Pasar Klewer, dan Jalan Gatot Subroto.

Sistem e-parkir diterapkan sedikit berbeda dari sistem sebelumnya. Hal tersebut dikemukakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Dishubkominfo Solo, M. Usman.

"Berdasarkan evaluasi parkir elektronik di Coyudan masih ada beberapa kekurangan, antara lain soal peralatan dan SDM. Maka kita akan coba menggunakan sistem yang lebih simpel untuk lima lokasi lainnya," kata Usman, Sabtu (15/10/2016).

Pemkot akan bekerja sama dengan perbankan sehingga sistem e-parkir dapat menggunakan kartu e-money. Cara ini berbeda dengan cara e-parkir sebelumnya yang mengharuskan petugas menginput nomor polisi dan data lain.

"Kalau dengan kartu akan lebih praktis. Tidak makan waktu lama. Tinggal menempelkan kartu," kata dia.

Selain itu, e-parkir dengan kartu juga dapat dimanfaatkan untuk pembayaran transportasi Batik Solo Trans (BST). "Jadi multifungsi," ujar Usman.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menerangkan sistem parkir secara elektronik akan mengurangi penyimpangan. "Kalau mau diterapkan di lokasi lain itu memang harapan kami. Namun, kami juga memikirkan sistem yang lebih baik dari e-parkir di kawasan Coyudan," kata dia.


(UWA)