Bupati Marzuqi Klaim Investor Asing Incar Bisnis di Jepara

Rhobi Shani    •    Minggu, 26 Nov 2017 15:13 WIB
wisata pantai
Bupati Marzuqi Klaim Investor Asing Incar Bisnis di Jepara
Pengunjung berpose di dalam perairan Karimunjawa yang kaya dengan terumbu karang, MTVN - Rhobi Shani

Jepara: Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menjadi incaran investor asing. Selain perusahaan padat karya, pemodal asing banyak membidik sektor pariwisata Karimunjawa.
 
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyampaikan hal tersebut usai pertemuan bisnis di Solo, Jawa Tengah. Marzuqi mengklaim investor asing mengincar bisnis di Jepara. Beberapa pengusaha bahkan menjajaki bisnis dan membuka pabrik di Bumi Kartini.

“Dari beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah, yang menyita simpati calon investor itu kabupaten kita, Jepara,” ujar Marzuqi, Minggu, 26 November 2017.
 
Marzuqi mengatakan tugas pemerintah kabupaten yaitu menyiapkan tenaga kerja. Sebab, perusahaan kesulitan mencari tenaga kerja yang tepat dan sesuai kebutuhan.

“Kalau untuk memenuhi (tenaga kerja) langsung jelas tidak bisa, tapi waktu itu saya jawab, bisa mengomunikasikannya," kata Marzuqi..
 
Di bidang pariwisata, Marzuqi menambahkan, dua investor tertarik mengembangkan wisata bertema kepulauan. Investor berasal dari Hong Kong dan Kuwait. Kedua investor, lanjut Marzuqi, ingin membuat pulau yang dilengkapi dengan fasilitas pariwisata.
 
“Calon investor asal Kuwait ingin bangun sebuah pulau yang di dalamnya terdapat resort. Kebutuhan listriknya akan dipenuhi secara swadaya. Investor asal Hongkong juga demikian. Mereka ingin menyewa sebuah pulau yang dibangun seperti kawasan Taman Maerakaca atau TMII, sehingga orang Indonesia yang ingin merasakan Hong Kong versi mini bisa berkunjung ke pulau itu,” beber Marzuqi. 
 
Secara administratif, Jepara memiliki 32 pulau yang telah terdaftar. Modal tersebut, ungkap Marzuqi, menjadi keuntungan bagi Jepara.
 


(RRN)