Konveksi Kaos Meraup Rezeki dalam Pilgub

Budi Arista Romadhoni    •    Sabtu, 17 Feb 2018 00:27 WIB
pilgub jateng 2018
Konveksi Kaos Meraup Rezeki dalam Pilgub
Pengrajin kaos menyiapkan pesanan pasangan calon gubernur-wagub Jateng untuk berkampanye, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Gempita pemilihan kepala daerah memberikan keuntungan bagi penjual atribut kampanye di Semarang, Jawa Tengah. Pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya konveksi kaos mengaku sudah kebanjiran order oleh para Calon Gubernur dan partai berkampanye. 

Pengusaha Konveksi Kaos O5 Creative, Edo Gamanuwari menuturkan, saat ini dia mulai kebanjiran order hingga 10.000 potong. Kaos yang dipesan berlogo calon gubernur dan partai.

"Semenjak persiapan pemilu kemarin, orderan meningkat luar biasa dari hari biasa. Bisa dikatakan meningkat hingga 300 persen lebih," katanya disela-sela merampungkan pesanan kaos di Konveksi O5 Creative, Ngemplak Simongan, Semarang Barat, Kota Semarang, Jumat, 16 Februari 2018. 

Edo mengungkapkan, pesanan biasanya  cm 30 - 100 kaos, saat memasuki musim pemilu orang memesan bisa ribuan. 

"Sekarang orang pesan ada yang 3000 kaos, 5000 kaos, dan kita lembur dari pagi sampai pagi," ungkapnya. 

Kemudian dia menuturkan untuk produksi, sehari-hari biasanya cuma tiga kaos, saat pesanan banyak dia harus kejar target sehari minimal harus produksi 200 kaos. Hal tersbut dapat meningkatkaan ekonomi daerah sekitar. 

"Ya menjadi rejeki tetangga kami, yang tidak kerja, bisa kami ajak untuk menyelsaikan target tersebut," tuturnya. 

Kaos partai yang dipesan ada berbagai variasi ada yang kelas ekonomis dari harga Rp. 8.000, kemudian kelas premium yaitu Rp. 60.000 per kaosnya. 

"Sekarang yang pesan ada dari partai, dan calon gubernur, kendalanya seperti biasa, yaitu diburu waktu, kami kesusahan menyiapkan bahan dari kaos, tinta sablon dan SDM," ucapnya. 
 


(RRN)