Bandara Gading Akan Jadi Bandara Perintis Tampung Turis

Patricia Vicka    •    Sabtu, 19 Nov 2016 10:50 WIB
bandara
Bandara Gading Akan Jadi Bandara Perintis Tampung Turis
Bandara Gading di Kabupaten Gunung Kidul. Foto: MI/Ardi

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Bandara Gading di Kabupaten Gunung Kidul akan dikembangkan sebagai bandara perintis pariwisata. Optimalisasi bandara dilakukan untuk mendukung peningkatan pariwisata di Gunung Kidul DIY. 

Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan revitalisasi Bandara milik TNI AU ini akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. 

"Bandara Gading sudah ada. Tapi sekarang terbengkalai penggunannya. Mau kita optimalisasi untuk pariwisata," ujarnya dalam Seminar Pengembangan Pariwisata Gunung Kidul di Yogyakarta, Jumat (18/11/2016). 

Nantinya, di bandara seluas 1.600 meter ini akan dibangun 10 apron. "Bandara dipersiapkan untuk dilandasi pesawat jet pribadi dan pesawat perintis," katanya. 

Pengembangan Bandara Gading akan secepatnya dilakukan. Ditargetkan dalam waktu setahun, bandara sudah bisa dioperasionalkan untuk publik sehingga wisatawan yang hendak berlibur ke Gunung Kidul tak perlu mendarat di Kulon Progo. 

Bupati Gunung Kidul Badingah menyambut baik rencana revitalisasi Bandara Gading. Ia berharap agar bandara ini juga bisa digunakan sebagai penerbangan hasil laut dan bumi. 

"Salah satu rencana kami akan menjadi bandara perintis parisiwata dan kelautan di Gunung Kidul," ujarnya. 

Berdasarkan data Pemkab Gunung Kidul, kunjungan wisata terus meningkat setiap tahun. Jumlah kunjungan wisata 2014 mencapai 1.603.325 orang. Sementara 2015 meningkat hampir dua kali lipat menjadi 2.642.790 orang.



(UWA)