Sarung Goyor dan Minuman Herbal Diboyong ke Saudi

Mustholih    •    Rabu, 14 Nov 2018 16:30 WIB
industri kreatif
Sarung Goyor dan Minuman Herbal Diboyong ke Saudi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Medcom.id/Budi Arista Romadhoni

Semarang: Kementerian Perindustrian dan Perindustrian akan menggelar pameran Indonesia Expo 2018 di Jeddah, Arab Saudi. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan diri ikut serta dalam pameran tersebut untuk memasarkan produk-produk unggulan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berujar warga Timur Tengah ternyata banyak meminati produk unggulan UMKM Jateng terutama sarung goyor, briket, aneka kerajinan bambu, dan minuman herbal.

"Ternyata warga Timur Tengah itu pengguna sarung khususnya sarung goyor sangat tinggi. Sarung Goyor akan saya pasarkan. Mereka juga ternyata suka teh, kopi, jahe dan aneka minuman herbal dari Jateng," kata Ganjar saat berkunjung ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Semarang,  Rabu, 14 November 2018.

Indonesia Expo 2018 akan diselenggarakan pada 28 November hingga 4 Desember 2018. Kegiatan ini dinilai Ganjar sebagai momentum tepat memperkenalkan produk khas Jateng di dunia internasional.

"Ajang dunia ini penting. Para pelaku UMKM unggulan kita dapat memperluas jaringan pasarnya di dunia internasional," ujar Ganjar seraya menegaskan akan membawa para pelaku UMKM Jateng ke Indonesia Expo 2018.

Ganjar menyatakan di Indonesia Expo 2018, pelaku UMKM Jateng dapat menggali lebih jauh soal kualitas standar produk untuk warga Timur Tengah.

"Percuma barang bagus, namun tidak diminati. Untuk mengetahui itu, event semacam ini sangat penting," tegas Ganjar.

Kepala Dinas Perindustrian dan PerdaganganJawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo menambahkan, Indonesia Expo 2018 merupakan momentum daerah-derah se-Indonesia untuk memasarkan produk unggulan mereka. Arief menyatakan produk Jateng seperti sarung goyor memang laku keras di Timur Tengah.

"Sarung Goyor memang sudah sangat diminati warga sana. Produk lain asal Jateng seperti briket, kerajinan bambu, aneka minuman rempah juga sangat diminati," tegas Arif.


(SUR)