Bank Jateng Lirik Pembiayaan Proyek Bandara NYIA

Patricia Vicka    •    Sabtu, 20 Jan 2018 10:36 WIB
perbankan
Bank Jateng Lirik Pembiayaan Proyek Bandara NYIA
Peresmian Kantor Bank Jateng wilayah DIY juga dihadiri langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Bank Jateng Supriyatno, dan Pemimpin Cabang Bank Jateng wilayah DIY Mukti Ali Santoso. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Bank Jateng melakukan ekspansi pasar dengan membuka cabang baru di wilayah Yogyakarta. Bank Jateng memirilik pembiayaan proyek Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sebagai ladang emas yang layak digarap di tahun pertama operasional cabang.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, kehadiran NYIA memunculkan peluang besar pada perkembangan perekonomian di wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pihaknya tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan akan segera bergerak menawarkan pembiayaan.

"Kita akan garap NYIA.  Pembangunan dan kehadiran NYIA akan butuh pembiayaan yang besar," ujar Supriyatno saat peresmian Kantor Cabang DIY di Jalan Prof Herman Yohanes, Kota Yogyakarta, Jumat 19 Januari 2018.
 
Bank Jateng tak segan-segan menyalurkan kredit dan pinjaman untuk mendukung pembangunan NYIA. Di sisi lain, kantor cabang Bank Jateng wilayah DIY turut akan melakukan pengumpulan uang (funding) dari investasi yang mengalir ke NYIA.

(Baca: Aset Bank Jateng Cabang DIY Ditargetkan Terkumpul Rp500 Miliar)
 
Di tahap awal guna menopang pembiayaan, Bank Jateng akan menyuntikan modal Rp360 Miliyar ke kantor cabang Yogyakarta. Selanjutnya modal penyaluran kredit akan dilakukan dengan memutar dana pihak ketiga (DPK) dan dana masyarakat yang berhasil dihimpun kantor cabang Yogyakarta.
 
"Intinya uang yang didapat di Yogyakarta tidak akan keluar dari Yogyakarta. Sehingga pengembangan uang bisa berlipatganda dan dirasakan masyarakat Yogyakarta," jelas dia.

Sektor lainnya yang turut menjadi fokus utama adalah pariwisata, pendidikan, perdagangan dan jasa. Supriyatno mengatakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu target utama pembiayaan di sektor perdagangan.

Peresmian Kantor Bank Jateng Cabang Yogyakarta dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sekretaris Daerah DI Yogyakarta Gatot Saptadi.

(Klik: Akhir 2017, Total Aset Bank Jateng Capai Rp61,45 Triliun)
 


(SUR)