Hotel di Pesisir Jepara Tolak Pesanan Kamar

Rhobi Shani    •    Kamis, 22 Jun 2017 14:32 WIB
mudik lebaran 2017
Hotel di Pesisir Jepara Tolak Pesanan Kamar
Salah satu hotel di Jepara, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jepara: Tingkat okupansi hotel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada libur lebaran tahun ini meningkat 10 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Bahkan, salah satu hotel terpaksa menolak pesanan kamar calon tamu.
 
Manajer Umum Hotel D’Season Jepara Dodi Iskandar menyampaikan, sejak kemarin hingga H+3 lebaran, pihaknya tidak bisa menerima tamu yang hendak menyewa kamar. Pasalnya, semua kamar sudah penuh dipesan. Jumlah kamar Hotel D’season sebanyak 72 unit.
 
”Reservasi yang kami tolak sampai 70 persen. Tamu kami kebanyakan lokal, ada beberapa juga wisatawan asing,” ujar Dodi, Kamis 22 Juni 2017.
 
Semakin menjamurnya hotel-hotel di Jepara, kata Dodi, tak membuatnya merasa khawatir. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa pariwisata berkembang.
 
“Pada saat sekarang ini misalnya. Kalau kami sudah penuh maka disarakan ke hotel-hotel yang lain. Yang penting kami tetap konsisten di pelayanan,” kata Dodi.
 
Terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Jepara Sigit Nugroho menyampaikan, hingga H+3 kamar hotel-hotel yang berada di kawasan tepi pantai sudah penuh dipesan. Jika dibanding hari-hari biasa, peningkatan okupansi mencapai 40 persen.
 
“Kalau dibanding tahun lalu pada waktu yang sama ada peningkatan 10 persen,” ucap Sigit.
 
Sigit bilang, kamar hotel yang masih tersisa saat ini hingga H+3 lebaran adalah kamar hotel-hotel yang berada di kawasan kota.


(SAN)