Transaksi Pegadian Brebes Tembus Rp5 Miliar

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 12 Jul 2017 14:37 WIB
pegadaian
Transaksi Pegadian Brebes Tembus Rp5 Miliar
Calon Nasabah menggadaikan barang di Kantor Pegadaian cabang Brebes, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Menjelang tahun ajaran baru 2017, transaksi di kantor pegadaian cabang Brebes, Jawa Tengah, mencapai Rp5 miliar. Banyak warga menggadaikan barang mereka untuk kebutuhan anak sekolah.

"Terpaksa kami menggadaikan barang. Kebetulan ada emas simpanan, ini yang saya mau gadaikan," kata Amanah, 45, di Kantor Pegadaian cabang Brebes, Rabu 12 Juli 2017.

Amanah mengaku, menggadaikan barang untuk kebutuhan kuliah anaknya. Menggadaikan barang dipilih karena dana keluarga tidak bisa mencukupi kebutuhan dana pendidikan dan keperluan rumah tangga yang harganya terus naik.

Dari hasil menggadaikan emas, Aminah bisa mengantongi Rp2 juta. Ia berharap, uangnya bisa mencukupi biaya kuliah anaknya.

Kepala Pegadaian cabang Brebes Sukandar mengatakan, peningkatan transaksi gadai mulai dirasakan sejak libur sekolah. Terutama, saat libur Lebaran selesai.

"Transaksi gadai mengalami peningkatan hingga 30 persen jika dibanding dengan hari-hari biasa. Nilai transaksinya mencapai Rp5 miliar," katanya.

Mayoritas masyarakat mengajukan kredit atau pinjaman untuk kepentingan biaya sekolah anak dan usaha. Jangka waktu yang diambil rata-rata tiga hingga lima bulan.

"Jaminannya rata-rata perhiasan. Tetapi, ada juga yang menggadaikan alat petanian dan kendaraan," pungkas Sukandar.


(NIN)