Menhub Resmikan Enam Rute Penebangan Baru Lion Air di Solo

Pythag Kurniati    •    Senin, 10 Oct 2016 07:33 WIB
penerbangan
Menhub Resmikan Enam Rute Penebangan Baru Lion Air di Solo
Menhub Budi Karya Sumadi saat meresmikan enam rute penerbangan baru Lion Air di Bandara Adi Soemarmo, Minggu (9/10/2016) sore. Foto: Metrotvnews.com/ Pythag Kurniati.

Metrotvnews.com, Boyolali: Maskapai Lion Air membuka enam rute penerbangan baru dari Solo. Enam rute tersebut adalah Solo-Denpasar-Solo, Solo-Makassar-Solo, Solo-Banjarmasin-Solo, Solo-Lombok-Solo, Solo-Pontianak-Solo, dan Solo-Palangkaraya-Solo.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi meresmikan enam rute penerbangan baru Lion Air tersebut pada Minggu, 9 Oktober 2016.

“Saya pikir ini ide brilian, supaya yang ada di Sumatra tidak usah ke Jakarta, namun langsung ke sini (Solo), dari timur tidak perlu ke Bali, bisa langsung ke sini,” kata Budi Karya di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Minggu (9/10/2016).

Rute baru tersebut, lanjut Budi Karya, memunculkan konektivitas dan harapan dalam menghadapi persaingan di kancah internasional. “Dengan begini tidak hanya mengandalkan Jakarta dan Bali. Solo juga punya competitiveness,” jelas Budi Karya.

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Grup Edward Sirait mengungkapkan, dengan dibukanya enam rute penerbangan baru tersebut, menjadikan Bandara Adi Soemarmo sebagai bandara pengumpul (hub) pada konektivitas penerbangan Lion Air.

“Solo betul-betul potensial. Lantaran slot masih ada, kemungkinan dikembangkan sangat besar dan marketnya, masyarakat Indonesia yang mau ke Solo ini cukup banyak,” ungkap Edward.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Judi Rifajayanto mengatakan, peluncuran enam rute penerbangan baru ini merupakan angin segar bagi dunia pariwisata di Indonesia. “Semoga rute ini bisa menarik wisatawan mancanegara dan domestik untuk masuk ke wilayah Jawa Tengah melalui Bandara Adi Soemarmo,” ungkap Judi.


(DEN)