Sejumlah Jalan Ditutup selama Peringatan HUT ke-261 Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:56 WIB
Sejumlah Jalan Ditutup selama Peringatan HUT ke-261 Yogyakarta
Tugu Yogyakarta. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sejumlah ruas jalan bakal ditutup saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-261 Yogyakarta. Dua ruas jalan, yakni Jalan Sudirman dan Jalan Mangkubumi, ditutup pada Wayang Jogja Night Carnival pada Sabtu, 7 Oktober 2017.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto mengatakan kegiatan terpusat di Jalan Sudirman dari pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB. Seluruh kendaraan tak diizinkan masuk ke ruas jalan itu.

"Penutupan jalan mulai dilakukan pukul 17.30 WIB," kata Golkari di Yogyakarta pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Penutupan dilakukan dari sisi timur di simpang toko buku Gramedia. Kemudian, Jalan Sabirin dari arah utara juga dilakukan penutupan. Lalu, dari Jalan C Simanjuntak yang tertuju ke Jalan Sudirman akan diarahkan ke timur dan akses ke barat ditutup.

"Jalan Sudirman bersih kendaraan. Penutupan agar kegiatan bisa jalan lancar dan baik," ujar Golkari.

Akses menuju Jalan Sudirman juga ditutup dari di simpang Jetis. Kendaraan dari simpang Jetis harus melintas di Jalan Wolter Monginsidi atau ke Jalan Sardjito. Jika dalam perkembangan mengalami kepadatan, penutupan juga dilakukan di simpang Pingit dan tidak dibolehkan ke arah timur.

"Kami juga menempatkan petugas dinas perhubungan, polisi, dan Satpol PP. Jumlahnya sekitar 500-600 personel. Ada juga voluntir sekitar 300 orang. Penempatan personeldi jalur yang diprediksi terjadi kepadatan," tuturnya.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hari Purwanto mengungkapkan, sejumlah lokasi alternatif parkir kendaraan disiapkan. Di antaranya di Jalan Poncowinatan, depan tempat makan cepat saji di dekat Jalan Sudirman, serta di Jalan Diponegoro sisi selatan dan utara untuk tamu VIP dan VVIP.

"Tempat parkir memang berjarak dengan lokasi. Masyarakat bisa berjalan kaki ke lokasi," kata dia.

Setidaknya, akan ada 14 kecamatan di Kota Yogyakarta bakal mementaskan wayang dengan tokoh berbeda. Adapun tokoh yang dibawakan tiap kecamatan yakni Kecamatan Umbulharjo dengan tokoh Nakula dan Sadewa, Kotagede (Ontoseno), Gondokusuman (Betara Guru), Gedongtengen (Wisanggeni), Ngampila (Drupadi), Tegalrejo (Bisma), Danurejan (Karna), Jetis (Punta Dewa), Gondomanan (Sukosono Sumantri), Mergangsan (Suwido), Pakualaman (Kubakarna), Mantrijeron (Bentari Durga), Wirobrajan (Petruk Ratu), dan Kraton (Sugriwa Subali).

Panggung pementasan akan ditempatkan di sepanjang Jalan Sudirman, beberapa di antaranya di ruas satu arah Jalan Mangkubumi. Sebelum acara wayang, karnaval akan digelar dari ujung timur Jalan Sudirman hingga depan kantor PLN Yogyakarta Jalan Mangkubumi.

"Kami sampaikan minta maaf jika ada ketidaknyamanan. Kami mengimbau, jika masyarakat tak memiliki keperluan penting agar tak melintasi jalur yang terdapat kepadatan," tuturnya.
(SUR)