Empat Kecamatan di Tegal Rawan Longsor

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 09 Oct 2017 16:21 WIB
longsor
Empat Kecamatan di Tegal Rawan Longsor
Seorang warga Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, hendak mengungsi dengan membawa dua karung dipundaknya. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Sedikitnya empat kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, rawan bencana alam tanah longsor. Keempatnya yakni, Kecamatan Pangkah, Bumijawa, Bojong dan Jatinegara. Mengingat hal itu, Pemkab Tegal meminta kepada masyarakat untuk selalu waspada seiring dengan meningkatnya intensitas hujan.
 
"Kami imbau warga untuk senantiasa waspada saat hujan turun karena saat ini sudah musim peralihan, masuk ke musim hujan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Tedjo Kisworo saat dihubungi Metrotvnews.com, Senin,  9 Oktober 2017. 

Dia mengemukakan, untuk wilayah Kecamatan Pangkah, yang rawan longsor berada di Desa Dermasuci. Kondisi tanah di wilayah tersebut kerap mengalami pergerakan saat musim hujan hingga mengakibatkan kerusakan ringan dan berat pada rumah warga. Sedangkan di Kecamatan Bumijawa, lanjut Tedjo, yang rawan longsor di antaranya Desa Dukuh Benda. Di desa tersebut tanahnya cukup labil. 

"Kalau di Kecamatan Jatinegara, cenderung sporadis di wilayah-wilayah tertentu," ujarnya.

Dia mengaku, kewaspadaan terkait ancaman terjadinya tanah longsor sudah ditingkatkan, terutama di wilayah-wilayah yang rawan. Di lokasi tersebut, terdapat relawan yang disiagakan di sejumlah posko BPBD untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Sudah ada posko relawan BPBD yang siaga. Jika sewaktu-waktu terjadi, laporan dan penanganannya akan cepat. Tentu saja kita berharap tidak sampai terjadi," tandasnya. 



(ALB)