Muladi: Airlangga Kandidat Kuat Gantikan Novanto

Mustholih    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:04 WIB
partai golkar
Muladi: Airlangga Kandidat Kuat Gantikan Novanto
Politikus Senior Golkar, Muladi, saat pimpin pelantikan staf ahli Yayasan Universitas Semarang. Foto: Medcom.id/Mustholih

Semarang: Politikus senior Partai Golkar Muladi menilai Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto berpeluang besar menggantikan Setya Novanto. Airlangga merupakan kandidat Ketua Umum Golkar paling kuat di antara kandidat yang muncul.

"Cakon sudah bertebaran. Ada si Airlangga, Idrus Marham, Azis Syamsuddin. Tapi Airlangga namanya kuat," kata Ketua Yayasan Universitas Semarang tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 7 Desember 2017.

Airlangga bisa menjadi Ketua Umum Golkar bila partai beringin ini menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub). Munaslub bisa terjadi apabila disetujui dua per tiga dari seluruh pengurus daerah tingkat provinsi Partai Golkar.

"Kalau sudah dua per tiga (setuju) untuk Munaslub, jalan aja. Munaslub itu sudah sah. Tapi harus didahului dengan rapat pleno untuk menentukan kapan Munaslub," jelas Muladi.

Pucuk kepemimpinan Partai Golkar diambang pergantian setelah Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi. Novanto ditahan KPK karena tersangkut kasus proyek Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Ditahannya Novanto itu mengundang wacana penyelenggarakan Munaslub di tubuh para pengurus Partai Golkar. Tujuannya adalah mengganti jabatan Ketua Umum yang saat ini masih diemban Setya Novanto.

Meski setuju Partai Golkar menggelar Munaslub, Muladi menekankan agar seluruh kader beringin menggunakan asas praduga tak bersalah dalam kasus Novanto. "Masing-masing harus menghormati asas praduga tak bersalah. Karena kalau dilanggar akan menjadi tradisi saling menjatuhkan," jelas Muladi.


(SUR)