Kelompok Gamelan Pernikahan Kahiyang tak Prioritaskan Bayaran

Pythag Kurniati    •    Rabu, 27 Sep 2017 14:07 WIB
jokowi mantu
Kelompok Gamelan Pernikahan Kahiyang tak Prioritaskan Bayaran
Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang sekaligus menjadi koordinator kelompok karawitan, Guntur Sulistiyono. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Bangga, demikian kalimat yang meluncur dari mulut Guntur Sulistiyono. Bagaimana tidak, kelompok karawitannya dipercaya untuk tampil dalam resepsi pernikahan putri satu-satunya Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Karena itu ia mengaku, bayaran bukanlah prioritasnya. “Buat kami, yang penting berpartisipasi,” tutur Guntur saat ditemui wartawan di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Rabu, 27 September 2017.

Guntur enggan menyebutkan bayaran kelompoknya untuk mengisi pesta resepsi putri orang nomor satu Indonesia tersebut. Biasanya, grup karawitannya dibayar sekitar Rp9 juta sekali tampil.

“Biasanya kalau main, per orang mendapat sekitar Rp400 ribu,” jelas dia.

Guntur merupakan Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta. Dia juga menjadi koordinator kelompok karawitan khas Jawa Tengah.

Terpilihnya kelompok Guntur bukan tanpa alasan. Dia mengaku sering tampil di gedung Graha Saba Buana yang dikelola putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Mulai saat itulah, kelompoknya dikenal oleh Gibran. “Enggak nyangka juga. Kami yang ketiban sampur (mendapat tugas besar),” tutur dia.

Tampil di resepsi Kahiyang, adalah kali pertama bagi kelompok Guntur dalam perhelatan keluarga Presiden. Kelompoknya belum berpartisipasi dalam pernikahan Gibran tahun 2015.


(SUR)