Museum Kartini Tambah Koleksi Foto dari Belanda

Rhobi Shani    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:23 WIB
hari kartini
Museum Kartini Tambah Koleksi Foto dari Belanda
Pengunjung museum RA Kartini Jepara, Jawa Tengah. --Foto:MTVN/Rhobi--

Metrotvnews.com, Jepara: Museum RA Kartini Jepara, Jawa Tengah, akan menerima hibah foto-foto Kartini dan keluarganya dari pemerintah Belenda. Foto sebanyak 26 lembar akan diserahkan pada momentum peringatan Hari Kartini 21 April.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Deni Hendarko menyampaikan, selain menerima hibah foto, Museum Kartini juga menerima 75 foto dalam bentuk softcopy dan foto suasana kota Jepara tempo dulu. 

“Ini baru proses pengiriman. Penyerahannya nanti pas tanggal 21 April bertepatan dengan Hari Kartini,” kata Deni, Selasa 18 April 2017.

Saat ini sambung Deni, pemerintah Kabupaten Jepara tengah berusaha mengumpulkan kembali koleksi benda dan dokumen bersejarah dari luar negeri. Salah satunya artefak Ratu Shima dari Museum Granada Spanyol.

“Artefak itu berupa suarat dari Ratu Shima yang dikirim ke pemerintah Arab yang berisi permintaan pengiriman pemuka agama,” ungkap Deni.

Pada momentum peringatan Hari Kartini, Deni menambahkan, retribusi tiket masuk Museum Kartini digratiskan. Pengelola museum juga telah menyiapkan souvenir khusus pada 21 April mendatang. Apalagi empat hari jelang peringatan Hari Kartini jumlah pengunjung museum mulai mengalami lonjakan.

“Kalau dibanding dengan hari-hari biasa, mulai Minggu kemarin sudah ada peningkatan pengunjung,” ujar Deni.


(ALB)