Lagi, 6 Tersangka Kekerasan Mapala UII tak Datangi Pemeriksaan

Pythag Kurniati    •    Jumat, 19 May 2017 18:21 WIB
kekerasan di mapala uii
Lagi, 6 Tersangka Kekerasan Mapala UII tak Datangi Pemeriksaan
Panitia Diksar Mapala UII tiba di Mapolres Karanganyar, Selasa 31 Januari 2017, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Karanganyar: Enam tersangka kasus kekerasan dalam pendidikan dasar The Great Camping (TGC) XXXVII Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) sedianya menjalani pemeriksaan di Mapolres Karanganyar, Jawa Tengah. Namun hingga berita ini dimuat, keenam tersangka tak kunjung hadir.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan memberi batas hingga pukul 16.00 WIB. Padahal penyidik sudah dua kali memanggil tersangka

Baca: Enam Tersangka Kasus Mapala UII Mangkir

"Namun setelah kami tunggu, mereka lagi-lagi tidak datang," ungkap Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, Jumat 19 Mei 2017.

Lantaran itu, penyidik pun berkonsolidasi untuk menindak keenam tersangka. Bisa jadi, kata Kapolres, penyidik melakukan upaya jemput paksa.

Sebelumnya, penasihat hukum enam tersangka mengajukan permohonan kepada penyidik untuk mengatur ulang jadwal pemeriksaan yakni menjadi Senin, 22 Mei 2017 mendatang. 

Baca: Tersangka Baru Kasus Mapala UII Minta Pemeriksaan Diundur

Kapolres menambahkan, alasan penasihat hukum belum menerima surat panggilan tidak bisa diterima. Lantarannya surat panggilan telah digandakan dan dikirimkan ke empat alamat.

"Kami kirim ke alamat orang tua atau alamat asal, alamat indekos, alamat kantor Mapala UII dan alamat rektorat," jelasnya.

Sementara itu penasihat hukum tersangka, Achiel Suyanto mengatakan klien maupun orang tua kliennya belum menerima surat panggilan. "Belum menerima surat panggilan kedua untuk hadir menjalani pemeriksaan hari ini," kata Achiel.

Praktis, hal itu membuat kliennya tidak bisa hadir dalam pemeriksaan hari ini. "Namun Senin mendatang mereka akan hadir ke Mapolres Karanganyar. Sesuai permohonan yang kami ajukan," pungkasnya.

Seperti diketahui, penyidik menetapkan enam orang tersangka baru kasus diksar Mapala UII. Penyidik meminta mereka hadir di Mapolres Karanganyar untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada Senin, 15 Mei 2017.

Namun enam tersangka tidak hadir. Penyidik pun menjadwalkan ulang pemeriksaan pada hari ini, Jumat, 19 Mei 2017. Enam tersangka lagi-lagi tidak menghadiri pemeriksaan.


(RRN)