5.000 KTP-el Kota Yogya Gagal Terdistribusi

   •    Minggu, 30 Jul 2017 10:38 WIB
e-ktp
5.000 KTP-el Kota Yogya Gagal Terdistribusi
Ilustrasi: Proses perekaman data KTP-el. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sekitar 5.000 keping kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) warga Yogyakarta belum sampai ke tangan penerima. Ribuan keping identitas itu kini masih tersimpan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta.

"Kami sudah melakukan berbagai upaya untuk mendistribusikan. Namun, masih ada saja yang belum bisa sampai ke penerima," kata Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi dikutip Antara, di Yogyakarta, Minggu, 30 Juli 2017.

Sejumlah kendala menjadi penyebab terhambatnya distribusi. Di antaranya, penerima sudah pindah domisili atau sebab lain seperti meninggal.

"Dulu, proses pencetakan KTP-el sempat tertunda saat menunggu penunggalan data. Saat data sudah ditunggalkan, warga pemilik KTP-el sudah telanjur pindah domisili," katanya.

Dindukcapil Kota Yogyakarta, lanjut Siruwadi, sudah berupaya untuk mendistribusikan dengan berbagai cara, seperti mendistribusikan KTP-el hingga kecamatan. Bahkan hingga tingkat RT.

"Dari upaya-upaya yang sudah dilakukan tersebut, masih ada sekitar 5.000 keping KTP-el yang belum sampai ke penerima dan terpaksa kami tarik kembali untuk disimpan di kantor Dindukcapil," katanya.

Kartu tanda penduduk elektronik yang tersimpan di kantor Dindukcapil Kota Yogyakarta tersebut terdiri dari sekitar 2.000 lembar KTP-el yang dicetak oleh Kota Yogyakarta. Sisanya adalah KTP-el cetakan nasional 2012.

"Kami simpan saja dan seluruhnya sudah dilaporkan ke pusat sampai ada kebijakan terbaru," kata Sisruwadi.


(SAN)