4 Kecamatan di Kulon Progo Alami Longsor

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:44 WIB
longsor
4 Kecamatan di Kulon Progo Alami Longsor
Tanggul Sungai Seling di Kulon Progo yang ambrol. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Kulon Progo: Empat kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami longsor. Longsor tersebut diakibatkan tingginya intensitas hujan pada Rabu malam 23 November 2016.

Keempat kecamatan itu antara lain di Kecamatan Kalibawang, Samigaluh, Girimulyo, dan Kokap. "Di setiap kecamatan itu ada beberapa titik. Kami masih menginventarisasi titik-titik yang longsor," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo, Gusdi Hartono, saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis (24/11/2016).

BPBD Kulon Progo telah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke titik-titik longsor. Rentetan longsor itu ada yang mengenai rumah warga dan menutup akses jalan.

"Tapi, tidak ada korban jiwa. Kita sudah turunkan tim. Jika memerlukan alat berat, akan kita gerakkan. Jika bisa manual, dibersihkan dengan alat-alat bersama warga," kata dia.

Selain longsor, tanggul di Sungai Seling, Dukuh Seling, Desa Kebonrejo, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, jebol karena intensitas hujan yang tinggi. Jebolnya tanggul berakibat rumah yang dihuni 35 KK di Dukuh Seling terendam air setinggi lebih dari satu meter.

Tanggul Seling ambrol untuk kedua kalinya pada 2016. Sebab, tanggul itu pernah ambrol pada Juni silam. Belum sempat diresmikan, tanggul ambrol lagi kemarin malam.



(UWA)