Enam Pegawai Honorer Dishub Tegal Terindikasi Pungli

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 17 Nov 2016 17:37 WIB
pungutan liar
Enam Pegawai Honorer Dishub Tegal Terindikasi Pungli
Petugas Dishub Tegal, Jawa Tengah, sedang melaksanakan apel sebelum melakukan tugas. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Enam Petugas Harian Lepas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkab Tegal, Jawa Tengah, diperiksa inspektorat terkait pungutan liar terhadap supir truk.

Praktik pungli itu dilakukan di sekitar pertigaan Klonengan, Prupuk, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. Namun, Inspektur Kabupaten Tegal, Aribawa belum bisa menyebutkan bahwa keenam PHL tersebut bersalah.

Dia masih mengumpulkan bukti-bukti dari pelapor dan terlapor. "Kemarin kami sudah memanggil mereka. Kami sedang mengklarifikasi," ungkapnya, Kamis (17/11/2016).

Praktik dugaan pungli itu, diketahuinya setelah ada laporan dari internal Dishub. Dia berujar, jika mereka terbukti melakukan praktik pungli, langsung dikeluarkan. Hal itu mendasari pada Peraturan Bupati (Perbup) tentang pegawai tidak tetap.

"Kalau terbukti, bisa dipecat. Tergantung tingkat kesalahannya," tegas Aribawa.

Dia menambahkan, untuk bukti laporan yang diterimanya berupa foto-foto. Dalam foto itu terlihat ada sejumlah PHL yang sedang meminta uang kepada supir truk di pertigaan Klonengan, Prupuk, Kecamatan Margasari. "Buktinya cuma foto saja," tandasnya.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Tegal, Kushartono HR berharap Ispektorat bisa mengungkap sejelas-jelasnya dugaan pungli tersebut. Pihaknya sangat mendukung aksi saling lapor-melapor antar pegawai non PNS itu. 

"Langkah Inspektorat sangat kami dukung sepenuhnya dalam upaya pemeriksaan ini agar bisa dilakukan seadil-adilnya," ujarnya.

Sementara, Bupati Tegal Enthus Susmono mengaku sudah membentuk Satgas Saber Pungli di wilayahnya. Hal itu menindaklanjuti Perpres nomor 87/2016 dan instruksi Mendagri nomor 180/3935/SJ tertanggal 24 Oktober 2016. 
"Jika memang melakukan pungli, harus ditindak tegas," tandasnya.


(SAN)