Satu Desa di Jepara Belum Cairkan DD

Rhobi Shani    •    Rabu, 22 Nov 2017 18:50 WIB
dana desa
Satu Desa di Jepara Belum Cairkan DD
Padahal saat ini telah masuk proses pencairan DD 2017 tahap dua.

Jepara: Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, belum mencairkan Dana Desa (DD) 2017 tahap pertama. Padahal saat ini telah masuk proses pencairan DD 2017 tahap dua. 
 
Kepala Bidang Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa (Dinsospermades) Jepara Budi Prisulistyono menyampaikan, sebelumnya masih ada dua desa yang belum mencairkan DD tahap pertama. Yaitu Desa Kaliombo dan Desa Bandung Kecamatan Mayong.
 
“Untuk Desa Kaliombo, Dana Desanya yang tahap pertama belum tercairkan. Sedangkan Desa Bandung Kecamatan Mayong, yang sebelumnya belum mencairkan ADD dan DD, kini sudah cair (ADD dan DD) untuk tahap pertamanya,” ujar Budi, Rabu 22 November 2017.
 
Dengan kondisi tersebut, Budi menerangkan, maka Desa Kaliombo rentan terancam pemotongan besaran Dana Desa tahap II. Terkait berapa besarannya, bergantung pada jumlah dana yang tak terserap untuk pembangunan yang telah direncanakan dalam APBDes. 
 
“Pemotongan anggaran akan dilakukan langsung oleh Kementrian Keuangan berdasarkan laporan dari pelaksanaan penggunaan DD yang dilaporkan oleh desa,” terang Budi. 
 
Agar kasus serupa tak terulang, Budi menambahkan, pihaknya akan terus memantau pengelolaan dana desa. Pemerintah Kabupaten Jepara pun sudah menandatangani nota kesepakatan dengan Polres Jepara berkait pengawasan penggunaan DD dan ADD.
 
“Berkait dengan anggaran DD dan ADD kalau tidak dikawal ada kekhawatiran dalam pelaksanaannya,” ujar Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.
 
Marzuqi menegaskan, pengawasan yang dilakukan kepolisian bukan untuk mencari-cari kesalahan. Tetapi untuk mencegah adanya tindak penyelewengan dari penggunaan DD dan ADD.
 
“Pengawas (polisi) sebagai narasumber pencegahan tindak pidana pengelolaan dana desa dan jangan sampai ada kongkalikong,” tegas Marzuqi.



(ALB)