Banjir Rob Rendam 10 Desa di Demak

Rhobi Shani    •    Jumat, 01 Dec 2017 15:06 WIB
banjircuaca ekstrem
Banjir Rob Rendam 10 Desa di Demak
Banjir rob yang melanda DesaSrwiwulan, Demak. Medcom/Rhobi.

Demak: Sebanyak 10 desa di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, terendam banjir rob. Itu disebabkan tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Wali sejak beberapa hari terakhir.
 
Camat Sayung, Sugiyanto, menyebutkan, 10 desa yang terendam banjir yaitu, Desa Sriwulan, Bedono, Purwosari, Gemulak, Sidogemah, Timbulsloko, Tugu, Sidorejo, Banjarsari, dan Surodadi.
 
“Dari 10 desa, ada empat desa yang paling parah, yaitu Sriwulan, Bedono, Timbulsloko, dan Surodadi. Ini merupakan banjir rob,” kata Sugiyanto saat meninjau lokasi banjir di Desa Sriwulan, Jumat 1 Desember 2017.
 
Sugiyanto melanjutkan, selain merendam permukiman warga, banjir rob di Desa Sriwulan juga mengakibatkan dua rumah roboh dan delapan rusak berat. Sementara, di Desa Bedono mengakibatkan 12 rumah rusak.
 
“Warga yang terdampak sementara mengungsi di rumah-rumah warga yang tidak terdampak. Dapur umum juga sudah kami dirikan,” kata Sugiyanto.
 
Sugiyanto mengaku tak dapat berbuat banyak mengatasi malah banjir rob. Menurutnya, bencana banjir rob merupakan penanangan dari pemerintah pusat.
 
“Karena bencana rob bukan termasuk darurat bencana,” tandas Sugiyanto.
 
Sementara itu, Kepala Desa Sriwulan Zamroni menambahkan, banjir rob mulai muncul pada Kamis sore, 30 November 2017. Air yang menggenangi permukiman warga mulai tinggi pada malam hari.
 
“Masalah banjir rob setiap tahun terjadi, tapi belum ada penanganan serius. Semua rumah terendam dengan ketinggian air yang beragam,” pungkas Zamroni.


(ALB)