Perlintasan Ditutup, Sebagian Warga Yogyakarta Kecele

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 01 Nov 2017 12:07 WIB
jalur kereta api
Perlintasan Ditutup, Sebagian Warga Yogyakarta Kecele
Sejumlah warga Yogyakarta masih belum mengetahui penutupan jalan di perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Janti. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Masih banyak warga Yogyakarta yang tak mengetahui penutupan jalan di perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Janti Yogyakarta. Ratusan pengendara, roda dua hingga roda empat, masih ada yang hendak melewati akses jalan di perbatasan Sleman dan Bantul yang sudah ditutup itu.

Akhirnya banyak warga yang kecele, karena akses jalan tersebut sudah ditutup sejak Senin malam, 30 Oktober 2017. "Baru hari ini mau lewat, ternyata jalannya ditutup," ujar Sumarno, seorang pengendara yang terpaksa balik arah, Rabu 1 November 2017.

Ia mengaku kecewa dengan penutupan itu. Sebab, akses terdekat yang ia pakai untuk mengantar barang selama ini melewati jalan di perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Janti.


Sejumlah warga Yogyakarta masih belum mengetahui penutupan jalan di perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Janti. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Pengendara lain, Sunarti mengungkapkan kekesalannya atas penutupan itu. Ia sempat menyampaikan protes dengan lirih.

"Wah, kalau seperti ini harus lewat atas (jembatan layang)," kata perempuan 38 tahun ini.

(Klik: Semua Perlintasan Sebidang Jalur Jakarta-Surabaya Hendak Ditutup)

Sutikno, 67, warga Banguntapan, Kabupaten Bantul, memilih mengangkat sepedanya saat melintasi jalan yang sudah ditutup. Ia enggan melewati jembatan layang karena jalannya harus menanjak.

"Kalau bersepeda lewat atas capek lah. Jalannya naik," dia. Selain Sutikno, banyak pengendara sepeda yang memilih mengangkat sepeda saat melintas akses jalan yang telah ditutup itu.

Hingga kini, masih tampak sejumlah pegawai kereta api yang melakukan pengawasan di area tersebut. Beberapa diantara mengambil tiang palang pintu yang biasanya menutup perlintasan.


Seorang pengendara sepeda memilih mengangkat kendaraannya saat melintas jalan di perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Janti yang sudah ditutup. Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim

Sebelum jalan yang melintasi rel kereta api ini, sudah ada jalan serupa yang sudah lama ditutup. Jalan tersebut berada Jalan Siliwangi (sebelumnya disebut ringroad) di Kecamatan Mlangi, Kabupaten Sleman. Pengendara di kawasan tersebut juga diharuskan melewati jembatan layang.

Rencana penutupan jalan di perlintasan kereta api di Yogyakarta juga akan dilakukan. Salah satunya yakni di bawah jembatan layang Lempuyangan.

(Baca: Penutupan Perlintasan Sebidang untuk Keselamatan Warga)


(SUR)