Menhub Apresiasi Koordinasi Antar-Instansi Atur Lalu Lintas

Dhaifurrakhman Abas    •    Minggu, 24 Dec 2017 20:40 WIB
arus mudiknatal dan tahun baru
Menhub Apresiasi Koordinasi Antar-Instansi Atur Lalu Lintas
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. MI/Adam Dwi.

Pemalang: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi koordinasi antar-instansi dalam mengatur arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2018. Meskipun, masih terdapat kemacetan di sejumlah lokasi di Pantai Utara (Pantura) Jawa.

"Saya mengapresiasi bantuan Polda dan Polres di sejumlah wilayah, yang telah bekerja sama membantu kita. Kita memang akan menyelesaikan arus mudik hari ini. Insya Allah, jalan berjalan baik," kata Budi di Pemalang, Jawa Tengah, Minggu, 24 Desember 2017.

Meski begitu, Budi masih menemui sejumlah kemacetan saat melakukan pantauan udara di jalur Pantura. Kemacetan umumnya terjadi di beberapa pusat kota atau kabupaten yang terdapat di jalur Pantura. 

"Saya pikir dari pantauan kemacetan bukan di Pekalongan saja. Di beberapa Ibu Kota kabupaten terjadi," kata Budi.

Budi menjelaskan, kemacetan terjadi karena beberapa hal. Salah satunya, terjadinya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas selama mudik libur Natal dan Tahun Baru 2018. Peningkatan kendaraan berada di angka 58 persen jika dibanding tahun lalu.

Selain itu, kemacetan juga terjadi karena penutupan Tol Brebes - Grinsing, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Pemerintah tak berencana membuka tol tersebut karena masih dalam proses pembangunan. Padahal, pada libur Lebaran kemarin, pemerintah membuka ruas tol tersebut untuk memperlancar lalu lintas.

"Jadi kalau saya lihat, memang sebelumnya Cipali ini dibantu dengan Grinsing. Nah sekarang tidak dioperasikan. Kita memang ingin mengintensifkan (perbaikan) untuk lebaran," jelas Budi.


(DRI)