Mendagri Sebut Negara Adidaya Ingin Kuasai Indonesia

Patricia Vicka    •    Senin, 06 Nov 2017 20:10 WIB
pancasila
Mendagri Sebut Negara Adidaya Ingin Kuasai Indonesia
Mendagri saat menjadi pembicara kunci di Sarasehan Pancasila dan Kebhinekaan di UGM Yogyakarta. MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Negara adidaya, seperti Amerika Serikat dan Cina, tengah membidik Indonesia. Kedua Negara adidaya berlomba-lomba ingin 'menguasai' Indonesia dengan beragam taktik di berbagai bidang.

Secara geografis maupun politik, Indonesia saat ini amat strategis.

“Mereka terus berusaha menguasai (Indonesia) dengan menghembuskan berbagai isu politik maupun teknologi informasi,” ujar Menteri Dalam Negri Tjahjo Kumolo saat menjadi pembicara kunci dalam sarasehan budaya ‘Pancasila dan Kebhinekaan’ di UGM Yogyakarta, Senin 6 November 2017.

Militer dan intelejen diminta berperan lebih aktif serta awas dalam menjaga Indonesia. Dia mengaku banyak mendapat informasi soal upaya negara adidaya 'mencaplok' Nusantara.

Selain itu Mendagri turut meminta generasi muda untuk waspada dan melawan paham  radikalisme serta terorisme. Dua paham ini menjadi ancaman utama bagi Pancasila dan kebinekaan Indonesia.

Kedua paham ini telah menggerogoti toleransi antar suku, agama, ras dan golongan. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat dapat turut terlibat dalam menguatkan ideologi Pancasila dan mengaktualisasikannya di tingkat masyarakat untuk melawan nilai-nilai yang mengancam keutuhan NKRI.

“Kita harus punya sikap melawan apa pun yang mau mengacaukan kesatuan dan kebhinekaan atau mengubah ideologi bangsa di luar Pancasila. Juga minta intelijen terus mempekuat kemampuan,”tegas Tjahjo.

Sarasehan budaya ini diikuti ratusan tokoh pemerintahan, politik dan agama terkemuka diantaranya Buya Syafii Maarif, Ketua Wantimpres Sri Adiningsih, Jan Darmadi, IGK Manila, Mahfud MD,dan Jimly Asshidiqi.
 


(SUR)