Empat Rumah di Pekalongan Rusak Akibat Gempa

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 17 Dec 2017 06:12 WIB
gempa bumi
Empat Rumah di Pekalongan Rusak Akibat Gempa
Kondisi rumah yang terkena gempa di Pekalongan, Jawa Tengah. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)

Pekalongan: Sebanyak empat rumah di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi Jumat, 15 Desember 2017 malam. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan mendata rumah milik Subkhi, Rt 09 Rw 02 Desa Pucung; rumah milik Bisri, Rt 21 Rw 04 Desa Silirejo; rumah milik Tarno Rt 03 Rw 01 Desa Tanjung; dan rumah milik Faturahman, Rt 03 Rw 01 Desa Sidorejo.

"Semuanya di Kecamatan Tirto. Dua rumah rusak berat dan dua lainnya rusak sedang. Walaupun ada kerusakan rumah, tidak ada korban jiwa dalam kejaidan tersebut," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko, saat dihubungi, Sabtu 16 Desember 2017.

Bambang menyebutkan pihaknya telah memberikan bantuan kepada korban terdampak gempa. 

"BPBD sudah berikan bantuan berupa logistik, triplek dan seng.Bantuan tersebut bersifat pertolongan pertama. Untuk yang permanen, dari pihak desa harus mengajukan proposal dulu," tambah dia.

Bambang mengimbau kepada warga Kabupaten Pekalongan agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. 

Lebih jauh, di Kabupaten Pekalongan tidak ada korban jiwa yang diakibatkan oleh gempa. Sebaliknya dengan Kota Pekalongan, satu warga Kota Pekalongan, Aminah (88), warga Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pekalongan Timur, ditemukan meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya.


(SCI)