Pemasangan APK Diharap Tidak Dekat Jaringan Listrik

Patricia Vicka    •    Selasa, 09 Oct 2018 14:47 WIB
pileg
Pemasangan APK Diharap Tidak Dekat Jaringan Listrik
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal.

Yogyakarta: PLN wilayah Yogyakarta mengimbau kepada peserta pemilu untuk tidak memasang APK (Alat Peraga Kampanye) di dekat jaringan listrik. Hal ini sesuai dengan ketentuan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) UUD RI No.30 Tahun 2009 pasal 44 ayat 2.

Manajer PLN Area Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho mengatakan, batas minumum pemasangan APK adalah 2,5 Meter dari gardu PLN dan penghantar listrik lainnya.

"Jarak aman penghantar bertegangan terhadap material di sekitarnya minimal 2,5 meter. Termasuk juga dengan pemasangan APK," kata Rossi di Yogyakarta, Selasa 9 Oktober 2018.

Rossi menjelaskan, ketentuan ini bertujuan untuk memberi keamanan bagi mahluk hidup di sekitar penghantar listrik. Tak hanya itu, ketentuan juga untuk menghindari bahaya konserting listrik dan kerusakan penghantar listrik.

Rossi mengatakan, pihaknya akan segera menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, Panwaslu D.I.Yogyakarta, dan juga Parpol DIY dalam waktu dekat.

"Kami akan segera kirim surat. Karena pantauan kami sudah ada beberapa APK yang dipasang dekat jaringan listrik. ditakutkan akan mengganggu pasokan listrik," pungkas Rossi.


(DEN)