Korban Longsor di Jepara Direlokasi

Rhobi Shani    •    Rabu, 23 Jan 2019 16:11 WIB
tanah longsor
Korban Longsor di Jepara Direlokasi
Rumah warga Desa Kunir, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, rusak tertimpa material longsor, Rabu, 23 Januari 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Jepara: Lima kepala keluarga korban longsor di Desa Kunir Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bersedia direlokasi. Pemerintah kabupaten akan memberikan bantuan pembangunan rumah untuk warga yang terdampak tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto mengatakan, kepala keluarga yang direlokasi yaitu, Paimah, Ciplok, Sutrisno, Sarnoto, dan Salib.

"Setelah diberikan pemahaman akhirnya warga mau direlokasi, karena tempat tinggalnya memang sangat rawan," kata Arwin saat dikomfirmasi, Rabu, 23 Januari 2019.

Baca: Desa Terdampak Longsor Berada di Ketinggian 700 Mdpl

Lima warga direlokasi ke tanah milik masing-masing pribadi. Pemerintah kabupaten memberikan bantuan pembangunan tiga rumah. Dua rumah dibantu pembangunannya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Masing-masing akan mendapat bantuan Rp20 juta.

"Bagian-bagian rumah yang masih bisa dimanfaatkan akan dipakai lagi. Pada lereng yang longsor nanti akan dipasangi kawat penahan," jelas Arwin.

Sampai saat ini warga Desa Kunir yang terdampak longsor masih mengungsi di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum.


(DEN)