Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Pati

Rhobi Shani    •    Senin, 28 Jan 2019 14:53 WIB
bencana longsorbencana banjir
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kabupaten Pati
ilustrasi Medcom.id

Pati: Tingginya curah hujan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sejak tiga hari terakhir membuat sejumlah sungai meluap. Akibatnya ratusan rumah di sejumlah desa di Kecamatan Sukolilo, Kayen, dan Dukuhseti direndam banjir setinggi 40-100 sentimeter.

"Air sudah mulai surut. Tinggal yang di Dukuhseti masih tinggi," kata Anggota SAR Pati, Gunawan, Senin, 28 Januari 2019.

Menurut Gunawan, banjir di Dukuhseti menggenangi sedikitnya 200 rumah sejak Minggu malam, 27 Januari 2019. Ketinggian air mencapai 100 sentimeter.

"Di Dukuhseti ada tiga desa yang terkena banjir cukup parah. Yaitu Desa Alasdowo, Dukuhseti dan Banyutowo. Kalau di Kayen ada delapan desa," kata Gunawan.

Banjir kali ini disebabkan limpasan air dari sungai. Sejumlah sungai yang melintas di kedua wilayah tersebut mengalami pendangkalan. Serta, sejumlah titik di alur sungai mengalami penyempitan.

"Karena tingginya curah hujan belakangan ini sungai tidak mampu menampung air karena dangkal terus airnya melimpas ke permukiman," tandas Gunawan.



(ALB)