Koalisi dan Oposisi Komitmen Wujudkan Pilpres Damai

Budi Arista Romadhoni    •    Senin, 06 Aug 2018 11:12 WIB
pilpres 2019
Koalisi dan Oposisi Komitmen Wujudkan Pilpres Damai
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Semarang: Partai politik, baik dari koalisi pemerintah maupun koalisi oposisi, berkomitmen mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang damai dan bermartabat di Jawa Tengah. Mereka berkomitmen tidak menggunakan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), kampanye hitam, maupun politik uang.

"Partai koalisi yang mendukung Pak Jokowi di Jawa Tengah saya kira kita sudah pengalaman dengan pemilihan gubernur kemarin. Isunya bahwa akan ada SARA, akan ada permusuhan tapi ternyata saat Pemilihan Umum Pilkada Jawa Tengah, teman-teman partai ini bisa menjaga kondusivitas daerah Jawa Tengah," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  PDI-PJawa Tengah, Bambang Kusriyanto di Semarang, Senin, 6 Agustus 2018.

Dia menyebutkan, pihaknya akan fokus mengampanyekan program-program PDI Perjuangan dan juga program-program dari sang petahana. Terutama program pemerintah yang prorakyat.

"Jadi kita tidak akan memunculkan provokasi-provokasi yang sifatnya akan menimbulkan perbedaan yang tajam. Karena kita kan semuanya saudara," lanjutnya.

Sementara, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro menyebut gelaran pesta demokrasi mendatang tidak perlu dihadapi secara berlebihan. Gerindra sebagai partai besutan Prabow Subianto mengajak pendukung dan oposisi Jokowi memberi 'tontonan sehat' ke rakyat.

"Tidak mengedepankan permusuhan, (demokrasi) dalam sebuah kegembiraan. Dari kami tentunya Gerindra nanti Insyaallah akan mengusung Pak Prabowo," ungkap Sriyanto.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk memilih calon wakilnya dengan cerdas. Bisa dilakukan dengan melihat rekam jejaknya. Pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan pesta demokrasi yang damai dan bermartabat itu.

Koalisi pengusung Jokowi saat ini terdiri dari PDI Perjuangan, Partai NasDem (NasDem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), serta  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menyatakan dukungannya bergabung ke koalisi pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019.

Koalisi pendukung Prabowo terdiri dari Partai Gerindra, dan Partai Demokrat. Sinyal dukungan juga datang Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 


(SUR)