208 Napi di Lapas Slawi Dapat Remisi

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 18 Aug 2017 02:37 WIB
remisi
208 Napi di Lapas Slawi Dapat Remisi
Wakil Bupati Tegal Umi Azizah memberikan Surat Keputusan (SK) Remisi kepada salah seorang narapidana di Lapas Kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Foto: Kuntoro Tayubi/MTVN

Metrotvnews.com, Tegal: Sebanyak 208 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mendapatkan remisi pada HUT ke-72 Republik Indonesia (RI). Dari jumlah tersebut, empat napi mendapatkan remisi bebas.

"Ada empat orang yang mendapatkan Remisi Umum 2 (RM 2)," kata Yan Rusmanto di Lapas Kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis, 17 Agustus 2017. 

Kini, jumlah napi di Lapas Slawi mencapai 346 orang. Yan menyebut jumlah itu melebihi kapasitas lapas. Sebab, lapas tersebut idealnya dihuni 300 orang.

Kendati demikian, Yan menegaskan, pihaknya tak akan putus asa untuk mengawasi dan membina para napi. Ia pun mengapresiasi TNI dan Polri yang membantu mengamankan para napi. Terlebih, saat menangkap kembali tahanan yang sempat kabur dari Lapas Slawi.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua unsur. Terutama TNI, Polri dan Pemkab, sehingga Lapas ini selalu kondusif dan aman," ujarnya.

Selain napi yang berusaha kabur, Yan mengaku pernah menemui percobaan pemasokan narkoba ke dalam sel. Narkoba itu dilemparkan dari luar pagar oleh seseorang yang diduga kurir dan diambil oleh napi yang memesannya. Beruntung, hal itu berhasil digagalkan oleh petugas Lapas. 

"Kami menemui kasus itu sebanyak dua kali. Dan, akhirnya kami melaporkan ke Polres untuk ditindaklanjuti," ucapnya.

Wakil Bupati Tegal Umi Azizah mengingatkan kepada para napi supaya tetap sabar selama menjalani hukuman penjara. Ia berharap para napi tetap menjaga keimanannya dan rajin beribadah. 

"Hadapi lah hari yang akan datang dengan penuh optimis, semoga ke depan bisa lebih baik dari hari kemarin," kata dia. 


(AZF)