Wali Kota Semarang Dukung Penuh Perpres Pendidikan Karakter

Mustholih    •    Jumat, 08 Sep 2017 15:45 WIB
pendidikan
Wali Kota Semarang Dukung Penuh Perpres Pendidikan Karakter
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Foto: Antara/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Semarang: Kota Semarang mendukung penuh penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Semua Kepala Sekolah di Semarang dalam waktu dekat bakal diberi petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) turunan dari Perpres.

"Kami di tingkat kota kalau ada aturan di tingkat atas pasti menjadi pedoman. Kita teruskan kepada para pengelola sekolah di Kota Semarang," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 8 September 2017.

(Baca: Sekolah Tunggu Detail Aturan Perpres PPK dari Mendikbud)

Hendrar meyakini penerbitan Perpres PPK ini sudah melalui pertimbangan matang nan setiap. Apalagi setelah banyak polemik nan muncul. Dia pun percaya Perpres ini akan didukung semua pihak dan kepala daerah.

"Kita itu dipilih rakyat untuk bisa menjadi memastikan ketentuan di tingkat atas berjalan baik di bawah. Kita dukung," tegas Hendrar.

Perpres tersebut juga telah membatalkan kewajiban full day shool atau kebijakan lima hari sekolah. Hendrar menyatakan bakal mengevaluasi kebijakan sekolah lima hari yang sudah berjalan di Semarang.

Semarang sendiri sudah menerapkan sekolah lima hari jauh sebelum Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy menerbitkan FDS.

"Kita evaluasi kalau murid senang lima hari kenapa enggak. Kalau murid ngeluh ya kita kembalikan ke enam hari," terang Hendrar Prihadi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menandatangani Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang PPK. Penerbitan Perpres ini, diharapkan dapat menyelesaikan perbedaan pendapat, dinamika, dan penolakan terhadap kebijakan sekolah yang sebelumnya terjadi.

(Baca: Jokowi Teken Perpres Pendidikan Karakter)
 


(SUR)