Stok Beras di Tegal Aman Hingga Februari 2018

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:32 WIB
stok beras
Stok Beras di Tegal Aman Hingga Februari 2018
Kepala Gudang Bulog Munjungagung Dedy Setyabudi (dua dari kiri) -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Stok beras sejahtera (rastra) di Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Devisi Regional (Divre) VI Larangan Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, aman. Jumlah stok mencukupi hingga Februari 2018.

Kepala Gudang Bulog Munjungagung Dedy Setyabudi mengatakan, stok beras sampai akhir Agustus 2017 sebanyak 8.756.652 kilogram. Sedangkan, kebutuhan beras untuk distribusi raskin sebanyak 1.224.015 kilogram per bulan. Jumlah itu dibagikan kepada 906.668 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Tegal.

"Untuk pendistribusian raskin, tergantung perintah dari Pemkab Tegal. Tapi, kalau untuk Agustus, sudah kami bagikan," kata Dedy di Tegal, Jumat 8 September 2017.

Dedy menuturkan, pendistribusian raskin yang dimulai sejak awal tahun ini berjalan lancar. Hingga kini, belum ada keluhan dari masyarakat terkait dengan kualitas raskin.

Jika ada masyarakat yang komplain dengan kualitas raskin, Bulog akan segera menggantinya dengan kualitas yang lebih bagus. Kendati stok aman, Bulog masih terus melakukan penyerapan beras dari masyarakat guna memenuhi target penyerapan tahun ini.

"Untuk memenuhi penyerapan beras sekitar 118 ribu ton per tahun, Gudang Bulog Munjungagung keliling ke rice mill dan sejumlah petani untuk segera mengirimkan beras ke Bulog. Penyerapan beras Bulog dilakukan oleh mitra Bulog dan satuan kerja (satker)," terang Dedy.

Namun demikian, masyarakat juga bisa menjual beras ke Bulog dengan melalui kelompok tani di masing-masing desa. "Kami mengetuk para pengusaha beras dan masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam pengamanan pangan di Indonesia," pungkasnya.


(NIN)