DPRD Pekalongan Proses Pengangkatan Wali Kota

Antara    •    Selasa, 12 Sep 2017 13:54 WIB
DPRD Pekalongan Proses Pengangkatan Wali Kota
Almarhum Wali kota Pekalongan Ahmad Alf Arslan Djunaid. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi.

Metrotvnews.com, Pekalongan: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekalongan,
Jawa Tengah, segera melakukan proses pengangakatan Wakil Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz, menggantikan Wali Kota Pekalongan Ahmad Alf Arslan Djunaid yang meninggal beberapa waktu lalu.
 
Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab, mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat pimpinan bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menyusun tahapan yang harus ditempuh.

Baca: Wali Kota Pekalongan Meninggal karena Serangan Jantung

"Kami akan bergerak cepat karena batas waktunya hanya 10 hari, terhitung setelah Wali Kota Pekalongan meninggal dunia pada hari Kamis 7 September 2017," kata Balgis dilansir Antara, Selasa 12 September 2017.
 
Ia mengatakan, rapat paripurna pemberhentian dan pengangkatan wali kota masih menunggu surat balasan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca: Ganjar Segera Tetapkan Pengganti Wali Kota Pekalongan

"Kami sudah mengajukan surat itu ke Kemendagri. Kemudian setelah ada surat balasan, kami akan secepatnya mengaggendakan rapat paripurna," katanya.
 
Menurut dia, mekanisme pergantian posisi wali kota dan pengisian wakil wali kota sudah diatur pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
 
"Namun, karena masa jabatan wali kota masih tersisa lebih dari 18 bulan maka posisi wakil wali kota harus diisi calon yang boleh diajukan oleh partai politik (parpol) pengusung," ujar Balgis.
(FZN)