Aksi #SaveRohingya Dipindah, Candi Borobudur Tetap Dijaga Ketat

Mustholih    •    Selasa, 05 Sep 2017 20:26 WIB
rohingya
Aksi #SaveRohingya Dipindah, Candi Borobudur Tetap Dijaga Ketat
Irjen Pol Condro Kirono (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah turut mengkonfirmasi bahwa aksi #SaveRohingya yang semula bakal digelar di Candi Borobudur akhirnya dipindah ke Masjid An-Nur, Magelang. 

Kepala Polda Jateng, Inspektur Jenderal Condro Kirono, menegaskan, Candi Borobudur memang harus steril dari setiap kegiatan demonstrasi.

"Sampai sekarang tetap dilarang dan tidak akan pernah kita izinkan," kata Condro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 5 September 2017.

Meski begitu, Polda Jateng tetap menetapkan status siaga satu untuk Candi Borobudur. Pasukan gabungan sebanyak 25 satuan setingkat kompi (SSK) dikerahkan untuk menjaga ring satu, ring dua, dan ring tiga Candi Borobudur.

Satu SSK pasukan yang dikerahkan berjumlah seratus sampai 150 personel. Jadi total personel yang dikerahkan untuk mengamankan Borobudur minimal berjumlah 2500 personel.

Condro meminta aksi #SaveRohingya sebaiknya digelar di masing-masing Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah. Lagi pula, menggelar aksi di Borobudur dilarang oleh Undang-Undang. "Kita sudah meminta Kapolres bersama 35 Bupati atau Wali Kota se-Jawa Tengah  pada saat itu (aksi #SaveRohingya) melaksanakan kegiatan di Masjid Agung masing-masing  untuk mengakomodir semua yang akan memberi empati, doa bersama, galang dana, dan salat jamaah," terang Condro.

Apabila aksi #SaveRohingya jadi dipindah di Masjid An-Nur, Condro menuturkan, aparat keamanan bakal memberi kelonggaran pengamanan. 

"Masjid An-Nur perlakuannya sama dengan Masjid Agung di semua Kabupaten atau Kota. An-Nur itu Masjid Agung Kabupaten Magelang. Sudah disiapkan FKUB dan Forkompinda. Sehingga masjid bukan tempat aksi. Ada susunan acara (yang disiapkan) dari Kabupaten," tegas Condro.

Aksi #SaveRohingya yang bakal diselenggarakan pada Jumat, 8 September 2017 itu diklaim bakal diikuti 200 organisasi massa. Aksi dimulai dengan salat berjemaah di masjid dekat Borobudur. Massa bakal longmars dan mengenakan pakaian bernuansa putih.


(ALB)