Libur Iduladha, Polisi Rekayasa Lalin Malioboro

Patricia Vicka    •    Jumat, 01 Sep 2017 14:38 WIB
iduladha 2017
Libur Iduladha, Polisi Rekayasa Lalin Malioboro
Lalin Malioboro di Pagi hari

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Volume kendaraan di kawasan Malioboro diprediksi meningkat pada libur Iduladha 1438 Hijriah. Polres Kota Yogyakarta bakal melakukan rekayasa lalu lintas disekitar kawasan Malioboro.

Kasatlantas Polresta Kompol Dwi Prasetio menjelaskan, para wisatawan yang hendak masuk ke kawasan Malioboro dari arah manapun akan diputar terlebih dahulu ke GOR Kridosono.  "Arah lalu lintas kendaraan yang masuk dari Jalan Mangkubumi atau Jalan Pasar Kembang kita putar ke Jalan Abu Bakar Ali Kota Baru- Jembatan Kleringan- Teteg- Malioboro," ujar Dwi melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Jumat 1 September 2017. 

Dwi menjelaskan, rekayasa Lalu lintas berlangsung pada Jumat-Minggu 1-3 September 2017. Namun rekayasa lalu lintas dilakukan situasional saat volume kendaraan padat. Jika tidak padat, pengemudi bisa langsung masuk ke kawasan Malioboro tanpa memutar.

Sementara khusus 2 September sejumlah jalan akan ditutup satu jalur. Pasalnya hari tersebut tersebut ada prosesi kirab gunungan grebeg yang dimulai dari Keraton Yogyakarta. Beberapa gunungan akan dibawa menuju Kantor Kepatihan di jalan Malioboro dan Puro Pakualaman di Jalan Sultan Agung. 

Dwi menjelaskan jalan yang akan ditutup satu jalur adalah Jalan Senopati, Jalan Sultan Agung, Jalan Margomulyo (Malioboro bagian selatan), Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Pangarukkan dan sekitar alun- alun utara Keraton Yogyakarta.

"Kendaraan hanya lewat satu jalur. Nanti akan ada buka tutup sementara waktu di jalan-jalan itu waktu Gunungan Grebeg diarak,"katanya.

Polres juga menyiagakan puluhan personel untuk mengatur lalu lintas disekitar Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Hal itu agar kemacetan tak bertambah parah. 

Ia mengimbau pengemudi untuk tidak berhenti terlalu lama dan tidak parkir di sepanjang jalan malioboro. Parkir bisa dilakukan di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan yakni di Parkiran Abu Bakar Ali, Pasar sore, sirip-sirip gang di jalan Malioboro, bekas kampus UPN di Jalan Ketandan dan parkiran tempat belanja.

Malioboro selalu menjadi destinasi wisata favorit turis nusantara dna mancanegara. Belum ke Yogyakarta rasanya  jika belum mampir ke Malioboro. Maka, Setiap liburan  panjang tiba, kemacetan kerap terjadi di sekitar kawasan Malioboro.

Pantauan Metrotvnews.com lalu lintas disekitar Malioboro pagi tadi masih lancar. Belum ada kepadatan lalu lintas.


(ALB)