Bandara Perintis Bakal Dibangun di Pegunungan Sewu Gunungkidul

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 12 Aug 2017 17:05 WIB
bandara
Bandara Perintis Bakal Dibangun di Pegunungan Sewu Gunungkidul
Wisatawan menikmati pemandangan kawasan Geopark Ngingrong yang merupakan dari Pegunungan Sewu, Gunungkidul, Ant - Aditya Pradana Putra

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Pemerintah berencana membangun bandara perintis di kawasan Pegunungan Sewu, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Proyek pembangunan bandara yang berada di Lapangan Terbang Gading, Kecamatan Playen, dianggap berpotensi untuk mengembangkan wilayag kabupaten tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan menemui Kepala Staf TNI Angkatan Udara untuk membahas hal itu. Mengingat, pengelola Lapangan Terbang Gading adalah TNI AU. 

"Jika disetujui, infrastruktur pendukung bisa dibangun. Pembangunan bisa dilakukan 2018 atau paling lambat 2019 selesai," kata Menteri Budi Karya di Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu, 12 Agustus 2017. 

Menurut dia, pembangunan bandara perintis bisa memudahkan akses wisatawan untuk berwisata yang selama ini menjadi daya tarik wilayah Gunungkidul. Bila jadi dibangun, bandara perintis ini bakal memiliki landasan pacu sepanjang 1.600 meter. 


(Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, MTVN - Ahmad Mustaqim)

Panjang landasan ini bisa dipakai aktivitas penerbangan jet pribadi dan pesawat jenis ATR. "Langkah ini strategis untuk merencanakan pariwisata Gunungkidul sebagai industri unggulan," ujarnya. 

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyambut baik rencana itu. Jika terealisasi, pemerintah setempat mendukung sepenuhnya kebijakan itu. 

"Ini bisa memberikan efek wisatawan mancanegara, seperti dari Australia," ujar Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi. 

Sejumlah obyek wisata alam selama ini memang menarik ratusan ribu wisatawan tiap tahunnya. Meski demikian, keberadaan bandara perintis nantinya juga harus disertai kesiapan infrastruktur lain, salah satunya transportasi pendukung. 

"Ini peluang yang bisa ditangkap masyarakat, dalam hal ini pegiat pariwisata. Ini bakal memberikan dampak perekonomian daerah," kata dia.

Saat ini, Bandara Adisutjipto menjadi satu-satunya lapangan penerbangan yang ada di Yogyakarta. Meski terus mendapat penolakan, pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) terus berjalan. Andai bandara perintis Gading jadi, Yogyakarta bakal memiliki tiga bandara. 



(RRN)