Baru Dibuka, Gerbang Tol Kertasari Tegal sudah 'Diburu' Pemudik

Kuntoro Tayubi    •    Jumat, 08 Jun 2018 17:25 WIB
Mudik Lebaran 2018
Baru Dibuka, Gerbang Tol Kertasari Tegal sudah 'Diburu' Pemudik
Antrean kendaraan di hari pertama pembukaan gerbang tol Kertasari Tegal, Jumat 8 Juni 2018, Medcom.id - Kuntoro

Tegal: Kendaraan pemudik mengantre sepanjang sekitar 500 meter di gerbang tol Kertasari, Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Padahal, ruas jalan tol Brebes-Semarang itu baru dibuka tadi pagi pukul 06.30 oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono. 

Di pintu tol tersebut, ada 13 gardu yang dibuka untuk melayani pembayaran terakhir tarif tol dari Jakarta hingga Brebes Timur (Brexit). Tiap kendaraan rata-rata harus mengantre setidaknya selama sekitar satu menit untuk pembayaran e-Toll.

Sejumlah polisi bersenjata laras panjang dan personel TNI tampak disiagakan di sekitar gardu pembayaran untuk melakukan pengamanan dan mengatur antrean kendaraan. Panjang antrean baru mulai menyusut sekitar pukul 08.00 seiring menurunnya kepadatan kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tegal AKP Ahmad Ghifar sebelumnya mengatakan, gate tol Kertasari merupakan salah satu titik yang rawan terjadi kemacetan di ruas tol. Langkah antisipasi yang disiapkan adalah dengan pengalihan arus lalu lintas.

"Kalau antrean kendaraan di Kertasari sudah mencapai 5 kilometer, maka kendaraan akan dialihkan keluar di exit tol Brebes Timur," kata Ghifar saat dihubungi, Jumat, 8 Juni 2018. 

Ruas tol Brebes-Semarang itu panjangnya 151 kilometer. Jarak tempuhnya hanya 2,5 jam. 

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, ruas tol dari Brebes Timur hingga Semarang dibuka fungsional meskipun sebagian kondisinya sudah layak operasional.

"Jalan tol sampai Pemalang kondisinya sudah layak operasional namun belum dipungut biaya. Kalau dari Pemalang ke Semarang baru masuk fungsional, masih bergelombang, tapi tidak ada hambatan, seperti di pantura," kata Condro).

Dengan tidak adanya hambatan traffic, Condro menyebut waktu yang ditempuh dari Brebes hingga Semarang bisa lebih singkat. "Perjalanan dari sini (Brebes) sampai Semarang bisa ditempuh 2,5 jam," ujarnya.

Meski demikian, Condro tetap mengimbau agar‎pemudik tetap berhati-hati dan memperhatikan kecepatan mengingat kondisi sebagian ruas tol yang masih fungsional.

"Kita anjurkan kecepatan dari Brebes sampai Pemalang 70 kilometer per jam, tapi dari Pemalang sampai Semarang 40 sampai 60 kilometer per jam," pesannya.



(RRN)