Warga Ketagihan Ikut Lomba Pukul Guling di Kali Code

Patricia Vicka    •    Kamis, 17 Aug 2017 14:54 WIB
hut rihut kemerdekaan
Warga Ketagihan Ikut Lomba Pukul Guling di Kali Code
Warga mengikuti lomba pukul guling di Kali Code, Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Warga Tegal Panggung, Yogyakarta, menggelar berbagai lomba untuk memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia. Uniknya, lomba diadakan di tengah-tengah Kali Code, tepatnya di bawah Jembatan Jambu.

Ada empat lomba yang digelar, yaitu pukul guling, mencari ikan, melawan arus, dan menggigit koin dari pepaya. Paling seru adalah lomba pukul guling.

(Baca: Pasukan Jepang Menyerbu saat Warga Upacara di Kali Code)

Seorang pria berkaos hitam nampak sempoyogan memperbaiki posisi duduknya. Ia mengangkat kedua tangannya dan menggoyangkannya ke kiri dan kanan agar tetap seimbang dan tidak jatuh.

Pria bernama Aditya Martha itu sedang mengikuti lomba pukul guling di atas Kali Code. Lawannya seorang pria berusia paruh baya yang berhasil memukul berkali-kali.

Pukulan terakhir berhasil membuat Aditya kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke Kali Code. "Huuuu," sorak warga yang menonton, Kamis 17 Agustus 2017.

Aditya mengatakan, bukan hal mudah dapat bertahan di atas bambu sekaligus menahan serangan lawan. Selain harus menjaga keseimbangan tubuh, guling terasa lebih berat karena basah dan terisi air.

"Celana juga licin, jadi susah jaga keseimbangan," kata warga Tegal Panggung ini.

Meskipun sempat jatuh ke Kali Code, Aditya mengaku ketagihan dan ingin mencoba lagi. "Penasaran ingin bisa menang," katanya.


Warga mengikuti lomba lawan arus di Kali Code, Yogyakarta -- MTVN/Patricia Vicka


Keseruan juga terjadi saat lomba lawan arus. Aturan permainan adalah peserta diharuskan duduk di sebuah ban pelampung, lalu menarik tali melawan arus Kali Code.

Ibu-ibu RW 13 Tegal Panggung antusias ikut lomba ini ini. Dengan semangat dan penuh senyum, ibu-ibu menyeimbangkan badan untuk melawan arus Kali Code yang lumayan kencang.

Suhartini, seorang peserta lomba, mengatakan, sulit menyeimbangkan badannya yang lumayan besar. Ia pun tercebur ke Kali Code karena tak sanggup menahan arus.

Sebelum lomba, warga Tegal Panggung menggelar upacara bendera di tengah Kali Code sambil mengenakan busana tradisional Jawa. Sejumlah wisatawan nampak memenuhi bagian atas jembatan untuk melihatnya.

 


(NIN)