Nelayan Diimbau Tidak Melaut karena Cuaca Buruk

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 29 Aug 2017 19:27 WIB
cuaca buruk
 Nelayan Diimbau Tidak Melaut karena Cuaca Buruk
Kapal nelayan tidak bisa melaut bersandar di pelabuhan Tegal, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Tegal: Nelayan di Kabupaten Tegal diimbau untuk waspada dan tidak melaut untuk sementara waktu. Hal itu mengingat kondisi di perairan Laut Jawa Tengah dilanda cuaca buruk. 

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal Toto Subandriyo ‎mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG, ombak dan gelombang di perairan Laut Jawa bisa mencapai 1,5 hingga 2 meter. 

Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil atau berukuran di bawah 10 gross ton (GT). Cuaca buruk diperkirakan berlangsung selama satu bulan ke depan.

"Kondisi cuaca saat ini memang sedang berbahaya, sedang tidak bersahabat. Karena itu kami himbau nelayan untuk tidak melaut untuk sementara waktu," kata Toto.

Jika pun terpaksa harus melaut, Toto meminta nelayan untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan dan melengkapi diri dengan alat-alat keselamatan yang dibutuhkan. 

"Lebih baik jangan memaksakan karena kondisi cuaca tidak bisa diprediksi," ujarnya.

Menurut Toto, sebagian besar nelayan di Kabupaten Tegal menggunakan perahu kecil dengan ukuran di bawah 10 GT. "Selama tidak melaut, gunakan waktu untuk memperbaiki jaring atau perahunya," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Bakhrun, menjelaskan, nelayan di wilayah Kabupaten Tegal jumlahnya mencapai ribuan. Mereka meliputi nelayan dengan perahu kecil dan besar. Biasanya, jika nelayan perahu kecil, hanya mencari ikan di sekitar laut Kabupaten Tegal. 

Sedangkan nelayan yang menggunakan perahu besar, akan mencari ikan di luar pulau Jawa. Meski begitu, dia berharap agar nelayan tidak nekat melalut karena cuaca saat ini belum bersahabat.

"Saat ini gelombangnya cukup tinggi dan anginnya besar. Nelayan harus berhati-hati," ucapnya.


(ALB)