Bunga Bangkai Mendadak Muncul di Pekarangan Warga Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 13 Oct 2016 11:16 WIB
bunga langka
Bunga Bangkai Mendadak Muncul di Pekarangan Warga Pekalongan
Warga penasaran melihat bunga bangkai yang disebut tumbuh dalam kondisi mendadak di Pekalongan, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Bunga berbau busuk berdiameter 40 cm dan tinggi 15 cm ditemukan di halaman rumah warga RT 04 RW 02, Kelurahan Pringrejo, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Pemilik rumah milik, Halimah, mengklaim bunga tersebut muncul tibat-tiba di pekarangannya. Dia merasa aneh lantaran tak pernah melihat bunga itu sebelumnya.

"Beberapa kali saya membersihkan pekarangan tidak pernah melihat bunga itu,” katanya, Kamis (13/10/2016).

Dia bertutur, bunga itu ia dapati setelah pulang dari masjid untuk salat Asyura, pada Minggu (9/10/2016). Ketika hampir tiba di rumahnya, Halimah mengaku mencium aroma mirip bangkai tikus. Dia pun mencari sumber bau. "Ternyata dari bunga," kata dia.

Kembang identik bunga bangkai itu kemudian dipindah ke ember bekas di depan rumahnya. Warga bisa lebih dekat melihat bunga ungu gelap itu.

Halimah mengaku bau tidak sedap bunga tersebut bisa tercium hingga radius 10 meter, terutama malam hari. Bunga itu juga mengeluarkan minyak pada kelopaknya.

Sejak tersiarnya kabar penemuan bunga di Kelurahan Pringrejo, ratusan warga mendatangi rumah Halimah. Bahkan ada yang ingin membeli bunga itu, Halimah mengaku tidak berniat.

Salah satu warga Pekalongan, Indra, mengaku penasaran dengan keberadaan bunga yang baru kali pertama di temukan di Kota Pekalongan itu.

“Penasaran saja, katanya baunya seperti bangkai, dan setelah saya datang ke sini, baunya menyengat sekali,” ujarnya.



(SAN)