2 Pabrik Milik Kakak-Adik Ludes Terbakar

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 18 Oct 2016 18:46 WIB
kebakaran
2 Pabrik Milik Kakak-Adik Ludes Terbakar
Kebakaran melanda dua pabrik Gondorukem di Pekalongan, Jawa Tengah. Foto-foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Pekalongan: Dua pabrik pengolahan limbah getah pinus atau gondorukem, milik kakak-adik Kiswoyo dan Farih, di Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, ludes terbakar, Selasa 18 Oktober 2016.

Api menghanguskan pabrik milik Kiswoyo terlebih dulu. Saat itu, pabrik milik Farih tak sedang beraktivitas rutin memasak getah pinus.

“Waktu itu memang tidak ada proses pemasakan getah pinus, tapi pekerja di pabrik saya sedang mengerjakan konstruksi tangki. Mereka sedang mengelas sejumlah drum untuk memasak getah pinus,” kata Farih.



Pabrik Kiswoyo berada 50 meter di samping pabrik milik Farih. Saat terbakar, karyawan dari pabrik Farih membantu memadamkan api. Sibuk memadamkan api, pabrik sendiri luput dari pengawasan. Alhasil, pabrik Farih pun ikut terbakar.

“Saya tidak tahu pasti penyebab kebakarannya. Mungkin karena mesin las yang digunakan pekerja belum dimatikan saat mereka terburu-buru membantu memadamkan api di pabrik sebelah,” ujarnya.

Farih mengaku belum bisa memprediksi berapa jumlah kerugian yang ia derita. Satu mobil bak terbuka yang terparkir di dalam pabrik ikut terbakar.



Kapolsek Pekalongan Selatan, Kompol Zurianto, masih menyelidiki penyebab kebakaran. "Kerugian juga belum bisa kita taksir," kata dia.

BPBD Kota Pekalongan menurunkan enam mobil pemadam untuk menjinakkan api.

“Kami mendapat bantuan Damkar dari Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten batang. Selain itu pemadaman juga dibantu dari Brimob Pekalongan. Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian," kata Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kota Pekalongan, Hengki Susilo Hadi.


(UWA)