Ujian Nasional Bakal Hilang pada 2018

Patricia Vicka    •    Rabu, 19 Oct 2016 16:17 WIB
ujian nasional
Ujian Nasional Bakal Hilang pada 2018
Ilustrasi. Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya tengah mengkaji wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) di seluruh tingkatan sekolah. Jika dianggap efektif, penghapusan UN dapat diterapkan mulai 2018. 

"Ini belum final (kajian penghapusan UN). Kalaupun jadi, tidak diterapkan tahun depan. Mungkin baru bisa 2018," ujar Direktur Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad, usai meluncurkan KIP Plus di SMKN 2 Kota Yogyakarta, Rabu (19/10/2016). 

Hamid menjelaskan UN tak lagi menjadi indikator penentu kelulusan siswa. Penghapusan UN bukan berarti meniadakan UN selamanya. UN akan dilakukan tidak setiap tahun. 

"UN itu kan sekarang jadi alat pemetaan. Banyak pihak yang mempertimbangkan UN dilaksanakan misalnya tiga tahun sekali dan hanya sampling," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan siap menghapus UN dalam rapat dengar pendapat dengan komisi X DPR di Jakarta Selasa 18 Oktober 2016. 

Penghapusan dilakukan karena keterbatasan anggaran serta masih banyaknya program prioritas yang harus dijalankan. Anggaran untuk mengadakan dan mendistribusikan UN 2016 mencapat Rp94 Miliar.



(UWA)