114 Titik Perlintasan Sebidang di Semarang Bakal Ditutup

Mustholih    •    Rabu, 01 Nov 2017 17:34 WIB
jalur kereta api
114 Titik Perlintasan Sebidang di Semarang Bakal Ditutup
Ilustrasi penutupan jalan sebidang di Yogyakarta. (MTVN-Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Semarang: Sebanyak 114 titik perlintasan sebidang jalur kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang dipastikan bakal ditutup. KAI Daop IV Semarang sudah memasang patok sebagai tanda bahwa penutupan perlintasan-perlintasan tersebut sebentar lagi dilakukan.

"PT. KAI  hanya pematokan saja, karena untuk Penutupan kewenangan Pemda," kata Humas PT. KAI Daop IV Semarang, Edy Koeswoyo, saat dihubungi Metrotvnews.com, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 1 November 2017.

Baca: Semua Perlintasan Sebidang Jalur Jakarta-Surabaya Hendak Ditutup

Perincian perlintasan yang bakal ditutup itu dari Stasiun Tegal - Stasiun Weleri sebanyak 30  titik, Stasiun Kalibodri - Brumbung - Kedungjati - Padas sebanyak 35 titik. Begitu pula Stasiun Tegowanu - Panunggalan - Gambringan - Gundih - Telawah sebanyak 31 titik dan Stasiun Kradenan - Cepu sebanyak 18 titik.

Menurut Edy, sebenarnya wilayah Daop IV Semarang memiliki 512 titik perlintasan kereta api sebidang.  "Yang Resmi 109 perlintasan‎ dan yang tidak Resmi‎ 378 perlintasan," ujar Edy menegaskan.

Adapun perlintasan kereta api tidak sebidang, KAI Daop IV Semarang memiliki 15 titik. "Perlintasan yang di under pass 17 titik dan di fly over 8 titik," jelas Edy.

Edy menyatakan pemasangan patok di perlintasan sebidang sudah dilakukan mulai hari ini. Namun, dia belum bisa memastikan kapan pemasangan itu akan selesai. "Kita usahakan secepatnya," tegas Edy.


(ALB)