Liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Waspadai Empat Titik Rawan Kemacetan di Pekalongan

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 24 Dec 2017 14:30 WIB
natal dan tahun baru
Waspadai Empat Titik Rawan Kemacetan di Pekalongan
Petugas kepolisian sedang mengatur lalu lintas di jalan pantura Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id /Kuntoro Tayubi

Pekalongan: Polres Pekalongan, Jawa Tengah, memetakan sejumlah titik rawan macet di jalur Pantura Kabupaten Pekalongan. Jalur alternatif disiapkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan mengatakan ada empat titik kepadatan di jalur pantura Pekalongan. Titik kepadatan berada di perbatasan Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan, SPBU Kauman, Pasar Wiradesa, dan perbatasan Kabupaten dengan Kota Pekalongan.

“Di titik-titik tersebut, aktivitas pemudik maupun warga sangat tinggi. Banyak yang putar arah juga. Sehingga, terjadi antrian kendaraan. Namun, sudah kami tempatkan personel di masing-masing titik rawan macet tersebut,” jelasnya, Minggu, 24 Desember 2017.

Petugas juga mengatur keluar masuk kendaraan di SPBU, rumah makan, maupun tempat istirahat. Pihaknya menempatkan tim urai dari Satlantas dan Satsabara, yang dilengkapi dengan kendaraan bermotor.

“Tim urai ini akan mengurai dan menarik arus lalu lintas, jika ada kepadatan parah. Dengan merekayasa lalu lintas, supaya arus kendaraan bisa lancar,” tambahnya.

Apabila terjadi kepadatan parah, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Pekalongan, untuk pengalihan arus ke jalur alternatif antarkabupaten.

“Mobil pribadi kami arahkan melintas dari pertigaan Comal, menuju ke Sragi, Bojong, Kedungwuni, dan lanjut ke Warungasem Kabupaten Batang. Selain itu, bisa juga lewat Sipait, Sragi, hingga ke Batang,” ujarnya.

Sementara itu, hingga Minggu, 24 Desember 2017, sore, kepadatan arus lalu lintas masih terpantau mulai dari jalur Pantura Comal, Pemalang hingga ke Pantura Kota Pekalongan. Antrian kendaraan diperkirakan lebih dari 20 kilometer.
 


(SUR)