Wisatawan Ikut Menanam Terumbu Karang saat Festival Barikan Kubro

Rhobi Shani    •    Kamis, 05 Oct 2017 14:43 WIB
wisata budaya
Wisatawan Ikut Menanam Terumbu Karang saat Festival Barikan Kubro
Trnasplantasi terumbu karang di Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa, Jawa Tengah -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Puluhan wisatawan asing dan lokal di Karimunjawa melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Menjangan Kecil. Penanaman terumbu karang ini adalah rangkaian dari Barikan Kubro 2017.

Barikan bagi warga Karimunjawa merupakan prosesi wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Barikan juga dapat diartikan sebagai acara `tolak bala`.

Ketua Panitia Festival Barikan Kubro Sumarto Rofiun menjelaskan, inti ritual adalah doa bersama dan arak-arak tumpeng untuk menyambut musim angin barat. Sudah dua tahun terakhir Festival Barikan Kubro diisi dengan kegiatan pelestarian lingkungan, seperti penanaman terubu karang dan bakau.

"Semula, kami juga merencanakan ada pelepasan tukik. Hanya saja, tukik-tukiknya yang tidak ada," kata Rofiun di Karimunjawa, Jawa Tengah, Kamis 5 Oktober 2017.

Menurut Rofiun, penanaman terumbu karang sengaja melibatkan wisatawan untuk menumbuhkan kesadaran untuk turut menjaga lingkungan. Apalagi, aktivitas pariwisata di Karimunjawa banyak mengandalkan keindahan alam laut.

"Kalau terumbu karang tidak diperhatikan, nantinya yang dirugikan warga Karimunjawa. Saat ini, mungkin kondisinya masih bagus. Tapi, kalau tidak diperhatikan dari sekarang, tahu-tahu rusak. Sementara, untuk memulihkan kembali membutuhkan waktu lama," beber Rofiun.

Sekertaris Kecamatan Karimunjawa Nur Sholeh menambahkan,Festival Barikan Kubro diharapkan dapat mendongkrak wisata Karimunjawa. "Budaya lokal juga bisa dijadikan benteng untuk menjaga kearifan lokal," kata dia.


(NIN)